Bondowoso Meledak

logobareskrimBONDOWOSO | Ledakan hebat di Bondowoso, Jawa Timur yang berasal dari rumah anggota Koramil Kodim 0822, Serka Agus Suryadi yang terletak di Gang Malabar, RT 22 RW 07, Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Kota Bondowoso harus diusut tuntas.

Sebab, ledakan yang menewaskan dua orang itu akibat kelalaian dan lemahnya pengawasan aparat kepolisian dan TNI terhadap obat mercon yang membahayakan.

Ledakan hebat yang mengguncang warga Bondowoso, seharusnya tidak terjadi apabila aparat kepolisian dan TNI waspada terhadap bahan peledak yang membahayakan warga. Seharusnya, penyimpan mercon dan bahan bakunya ditahan.

Hal itu menunjukkan bahwa aparat kepolisian dan TNI kecolongan. Terbukti bahan baku peledak dalam jumlah besar itu disimpan di rumah salah satu anggota Koramil 0822, Serka Agus Suryadi.

Ditemukannya bahan baku mercon yakni belerang, potassium dan bron, memang cukup menarik. Biasanya, penjual obat mercon ini muncul menjelang dua hari besar yakni Idhul Fitri dan Idhul Adha. Bisnis obat mercon memang tak perlu modal besar. Sedangkan keuntungannya juga lumayan besar, bisa sampai 200%.

”Per kilogram bisa laku sampai Rp 120 ribu. Belanjanya paling Rp 40 ribuan,” tutur warga Gang Malabar yang enggan disebutkan namanya kepada INILAH.COM, Minggu (29/09/2013)

Menurutnya, Serka Agus memiliki adik bernama Mardi yang dikenal sebagai penjual obat mercon. Gara-gara bisnis ini, Mardi sempat berurusan dengan kepolisian. Namun bisa bebas begitu saja.

“Nah, rumahnya Mardi ini berdempetan dengan Agus. Kemungkinan, Mardi juga menyimpan obat mercon disitu,” terangnya.

Akibat ledakan itu, sang pemilik tewas bersama salah satu tetangganya bernama Tara (12). Sementara istri korban yakni Tito Herawati bernasib mujur. Dirinya bisa selamat karena sempat keluar rumah ketika ledakan terjadi. Sedangkan kedua anak Serka Agus selamat karena sedang keluar rumah.

Beberapa orang masih dirawat karena menderita luka-luka. Sedikitnya 50 rumah mengalami kerusakan. Serta beberapa kendaraan bermotor baik roda dua dan empat yang diparkir dekat peristiwa ledakan, ikut rusak. (inl/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *