UMSU Berupaya Tingkatkan Claster Madya Jadi Claster Utama

logobareskrimMEDAN | Dalam upaya meningkatkan kualitas penulisan proposal penelitian, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama Direktorat Pembinaan dan Pengabdikan Kepada Masyarakat Ditjen Dikti Kemendikbud RI melaksanakan kegiatan pelatihan penulisan proposal unggulan berlangsung 27-28 September 2013.

Kegiatan yang dibuka oleh Rektor UMSU Dr Agussani MAP di aula kampus Jl Muktar Basri Medan, Jumat (27/9), dihadiri Wakil Rektor I Dr Muhyarsyah MSi, Wakil Rektor II Ahmad Sinaga SSos MM, Wakil Rektor III H Muhammad Arifin Gultom SH MHum, Ketua Panitia yang juga Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) UMSU Azwar Juliandi SSos MSi, para dekan, wakil dekan, dosen dan peserta pelatihan.

Narasumber dan pemateri pelatihan terdiri dari Kasubdit Program dan Evaluasi Ditlatabmas Ditjen Dikti Kemendikbud Yudi Agustono, tim pakar Prof Sri Nanan (ITB) dan Dr Apriana (Universitas Sriwijaya).

Rektor mengharapkan melalui kegiatan pelatihan ini akan terjadi peningkatan dari sisi jumlah peneliti maupun kualitas penelitian dosen, sehingga nantinya para dosen tidak hanya menguasai bahan ajar akan tetapi bisa pula melakukan penelitian dan riset ilmiah sesuai yang disarankan oleh Ditjen Dikti.

“UMSU kedepannya sedang mengupayakan terjadinya peningkatan claster madya menjadi claster utama dan ini merupakan tantangan terbesar bagi para dosen untuk senantiasa meningkatkan kualitas penelitiannya,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Rektor I Muhyarsyah menjelaskan, kegiatan ini diikuti sebanyak 60 peserta, terdiri dari 50 peserta yang dibiayai Dikti, 40 peserta dari UMSU dan 20 peserta lainnya berasal dari STT Harapan, STMIK Triguna, Universitas Al Azhar, UMA, UMTS, Unpab, UNPRI dan USM Indonesia.

Dia mengatakan, sejak tahun 2005-2012, UMSU memperoleh 196 peneliti dan menghasilkan total dana Rp 2,5 miliar. Selanjutnya di tahun 2013 ini terdapat 19 orang dosen penelitian meliputi penelitian proposal 2 orang, hibah bersaing 12 orang, disertasi doktor 5 orang.

Disamping itu UMSU juga mengalokasikan dana hibah penulisan internal yang disediakan setiap tahunnya Rp 1 miliar, sementara baru Rp 100 juta dana yang terserap untuk penelitian dosen mulai tahun 2011-2013 ini.

Untuk pelatihan penulisan proposal unggulan ini, dosen UMSU Prof Alesanti berhasil mendapatkan penelitian unggulan strategis nasional tahun 2013 ini. Adapun program pelatihan yang diberikan kepada peneliti dosen antara lain, jenis-jenis program unggulan strategis nasional riset andalan perguruan tinggi dan industry serta jenis-jenis unggulan lainnya.

“Kita berharap agar semangat dosen melakukan penelitian di UMSU tetap meningkat, karena Ditjen Dikti terus merangsang para dosen dengan memberikan dana yang besar dan menjanjikan, sehingga minat dan motivasi dosen meneliti juga semakin bertambah,” jelasnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *