Telkom Siap Operasikan Infrastruktur ICT Kelas Dunia

apec-telkomDENPASAR | Sebagai satu-satunya perusahaan telekomunikasi milik negara, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) berkomitmen untuk mendukung suksesnya APEC 2013.

Dengan menjadi Telecommunication Partner APEC 2013, Telkom siap operasikan jaringan infrastruktur ICT kelas dunia. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Telkom, Arief Yahya pada apel siaga APEC 2013 di Bali.

Apel Siaga ini bertujuan untuk memastikan segala persiapan infrastruktur dan layanan Telkom untuk penyelenggaraan APEC sudah siap beroperasi sebagaimana mestinya. Selain Direktur Utama, kegiatan ini juga diikuti oleh Direktur Network IT & Solution Telkom Rizkan Chandra, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga beserta seluruh personil satuan tugas khusus Telkom untuk APEC 2013.

Direktur Network IT & Solution Telkom Rizkan Chandra menambahkan, KTT APEC adalah konferensi internasional yang dihadiri Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin dan 21 Kepala Negara sehingga dibutuhkan layanan ICT yang handal dan ‘always on’.

Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) merupakan forum utama komunitas negara-negara Asia Pasifik untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan permikiran tentang pertumbuhan ekonomi, kerjasama, perdagangan dan investasi. Tahun ini, Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2013, tepatnya di Nusa Dua, Bali.

Dengan mengangkat tema ‘Resilient Asia Pacific, Engine of Global Growth’, KTT APEC akan diselenggarakan pada tanggal 1 – 8 Oktober 2013 yang terdiri dari kegiatan Leaders Summit dan CEO’s Summit.

Rizkan menambahkan, untuk penyelenggaraan APEC ini, Telkom tidak main-main untuk memberikan layanan komunikasi yang handal. Kami fokuskan dukungan tersebut pada tiga hal, yaitu People, Process dan Technology.

Untuk penyelenggaraan APEC 2013, Telkom menyediakan infrastruktur ICT yang meliputi S-T-A, yakni Switching (perangkat penghubung jalur komunikasi), Transmission (Satellite, Fiber Optic darat dan laut serta Radio) dan Access (sekitar 1500 Access Point, 1.260 Base Tranceiver Station dan 6 unit Mobile Wifi). Untuk Access, Telkom juga menyediakan spare part on site.

Keseluruhan infrastruktur yang tersedia menghasilkan layanan yang dapat dikelompokkan dalam V – I – P (View – Internet – Phone). Untuk layanan View, Telkom telah menyiapkan TV Pool melalu penyediaan 7 unit Mobile Satellite News Gathering (SNG), video streaming dan Closed Circuit Television (CCTV).

Untuk layanan internet, Telkom menghadirkan konektivitas handal dengan bandwidth 2×10 Gbps, Mobile Broadband Telkomsel, dan Wifi di seluruh venue APEC 2013. Sementara untuk layanan voice, Telkom hadirkan berbagai layanan 3G, live trial 4G, SLI dan telepon.

Telkom menyediakan layanan dan fasilitas telekomunikasi dengan jangkauan yang cukup luas yang mampu mencakup lima lokasi utama yaitu Media center, Akomodasi hotel, Security, International airport dan Venue (M-A-S-I-V). Selain membangun jaringan, Telkom sebagai alternate member APEC Business Advisory Council (ABAC) Indonesia juga menjadi Host Sponsor APEC CEO’s Summit 2013.

Dalam kesiapan jaringan, Telkom telah membangun minimal 3 jalur transmisi broadband yang berbeda untuk menjamin ketersediaan dan kehandalan akses internet. Dengan demikian, apabila terjadi gangguan pada salah satu jalur, maka tetap tersedia cadangan untuk menjamin konektivitas.

Pada event internasional ini, Telkom sangat fokus untuk menghasilkan layanan yang berkualitas. Oleh karena itu semua infrastruktur dan layanan yang disediakan akan dikendalikan dan dimonitor di War Room Telkom Group yang berlokasi di Jakarta dan Bali.

Telkom menempatkan tim operasi yang yang akan selalu standby 24 jam untuk memantau dan melayani keluhan terkait layanan telekomunikasi. Telkom berharap semua layanan dapat berjalan sebagaimana mestinya dan mampu meminimalisir kendala teknis yang muncul. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *