Mahasiswa FE UMSU Giatkan Berwirausaha

logobareskrimMEDAN | Dalam upaya mewujudkan program kewirausahaan, Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah mengadakan kegiatan Seminar Kewirausahaan dan Entrepreneur Training Centre (ETC) Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FE UMSU).

Kegiatan yang dihadiri Dekan FE Zulaspan Tupti SE MSi, Wakil Dekan I Januri SE MM dan Wakil Dekan III Sukma Lesmana SE MM, Ak di aula kampus Jl Muktar Basri Medan berlangsung mulai 9-10 Oktober 2013.

Seminar yang bertemakan, ”Sadar Berwirausaha Menuju Mahasiswa Mandiri” itu menampilkan M Ihsan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumut, Windi dan Romadhoni pengusaha muda diikuti mahasiswa fakultas tersebut.

Ketua Panitia Nurul Ramadhan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi mahasiswa FE UMSU melakukan wirausaha. Dengan menggiatkan program kewirausahaan berarti mendukung pemerintah agar para lulusan kedepannya tidak lagi mencari pekerjaan, tapi bisa membuka lapangan kerja yang bisa menyerap tenaga kerja di masyarakat.

Apalagi tambahnya, program kewirausahaan ini sudah menjadi mata kuliah penting di pendidikan tinggi berbasis ekonomi mikro. Ini berarti, mahasiswa bukan hanya diwajibkan untuk menimba ilmu pengetahuannya tapi hendaknya bisa pula mengaplikasikannya ke dunia usaha.

Sedangkan Dekan Zulaspan mengatakan, mahasiswa FE harus mengubah pola pikirnya (mindset) dari pencari kerja menjadi membuka lapangan pekerjaan. Ketergantungan menjadi PNS atau karyawan di sebuah perusahaan baik nasional maupun internasional tidaklah menjadi sasaran lulusan.

“Kedepan perlu ditanamkan semangat membuka usaha mandiri dan mahasiswa harus berani dan tak ragu-ragu mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperolehnya selama perkuliahan untuk selanjutnya diterapkan di kehidupan masyarakat nyata,” ujar Zulaspan.

Bagi UMSU, kehadiran Student Entreprenuership Centre (SEC) di fakultas akan sangat mendukung lahirnya tenaga-tenaga muda lulusan yang memiliki jiwa berwirausaha. Oleh karenanya, fakultas dan universitas sangat mendukung berbagai kegiatan mahasiswa yang menyangkut wirausaha.

Hal ini dibuktikan banyaknya prestasi mahasiswa UMSU yang mendapatkan dan memenangkan kompetisi hibah kewirausahaan mandiri. Bahkan berbagai kerjasama terus digalakkan dan kemitraan baik dengan pemerintah, swasta dan lembaga independen lainnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *