Diam-diam NSA Sadap Jutaan Warga AS

logobareskrimWASHINGTON | The Washington Post (WP) mengungkap bahwa Badan Keamanan Nasional AS (NSA) menyadap jutaan email, telepon dan jalur komunikasi warga AS.

Sebelumnya, NSA mengaku hanya menyadap pembicaraan warga asing saja, tapi kini terbukti badan itu juga menyadap warganya sendiri. Hal ini dianggap kriminal.

Dalam temuannya itu, WP menyebutkan bahwa NSA menyadap ratusan ribu akun pribadi warga AS di Yahoo, Gmail, Facebook dan Hotmail. Disamping itu NSA juga mendengarkan pembicaraan sekitar 500 ribu orang lewat email dan jalur internet lainnya.

Harian kondang tersebut menyebutkan, dalam sehari NSA menyadap dan membaca 440 ribu akun pribadi. Kalau ditotal maka badan intelijen itu mendengar dan menyadap 250 juta akun dalam setahun.

Menanggapi hal ini, analis NSA mengaku bahwa penyadapan itu sesuai dengan prosedur kerja yang berlaku. Pihaknya, menurutnya, tidak memberikan data yang dihimpun ke pihak lain, kecuali untuk “Keperluan intelijen dan keperluan NSA sendiri.”

Sebaliknya, suara Alex Abdo, staf pengacara kelompok American Civil Liberties Union, menjelaskan bahwa NSA menggunakan data yang dihimpun dari warga sipil yang tak tahu apa-apa. “Hal ini mengancam kebebasan seseorang,” kata Alex. (inl/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *