Tingkatkan Kesehatan Masyarakat | Asian Agri Group Bangunkan Poskesdes

 

GM PT Indo Sepadan Jaya, Hadi Wijaya menandatangani berita acara penyerahan Poskesdes, disaksikan oleh Camat Pangkatan Bibit Wali Yahyo.
GM PT Indo Sepadan Jaya, Hadi Wijaya menandatangani berita acara penyerahan Poskesdes, disaksikan oleh Camat Pangkatan Bibit Wali Yahyo.

logobareskrimLABUHANBATU | Kepala Dinas Kesehatan Labuhan Batu Hj Helifenida memberikan apresiasi kepada PT Indo Sepadan Jaya unit bisnis Asian Agri Group yang peduli membangun Poskesdes (Pos Kesehatan Desa) di Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhan Batu Induk Provinsi Sumut.

“Langkah Asian Agri harus jadi contoh perusahaan lain karena Pemerintah tidak mampu secara sendiri membangun infrastruktur di segala bidang termasuk kesehatan,” katanya, Kamis (31/10/2013).

Pembangunan Poskesdes ini sangat mendukung visi dan misi Bupati Labuhanbatu, untuk menciptakan masyarakat tidak sakit. “Visi Bupati adalah Jangan Bodoh, Jangan Sakit dan Jangan Lapar. Dengan dibangunnya Poskesdes di Labuhanbatu dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat khususnya ibu dan anak hingga ke desa,” katanya.

Menurut Kadis Kesehatan Labuhanbatu, pemerintah secara nasional dan Pemkab Labuhanbatu dewasa ini sedang berupaya menekan angka kematian ibu dan anak. “Syukur di Labuhanbatu, angka kematian ibu sudah terus turun.Pada tahun ini angka kematian ibu yang tercatat tinggal 14 orang dari 33 orang tahun 2012,” katanya.

Helifenida mengimbau, agar masyarakat memanfaatkan Poskesdes sebaik-baiknya antara lain dengan cara memeriksakan diri sebelum menderita penyakit serius.

GM PT PT Indo Sepadan Jaya unit bisnis Asian Agri Group, Hadi Wijaya mengatakan, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR), Asian Agri Group kembali membangun sebuah Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

“Setelah tahun 2010 dibangun di Pematang Seleng, Kecamatan Bilah Hulu, maka tahun ini di Dusun Aek Nauli Desa Kampung Padang Kecamatan Pangkatan. Sudah dua poskedes yang dibangun untuk masyarakat. Kawasan ini berada di sekitar kebun PT Indo Sepadan Jaya, grup Asian Agri,” kata Hadi Wijaya.

Bangunan Poskesdes yang dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana keperluan medis mulai tempat tidur, timbangan dan termasuk keperluan Posyandu dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat kawasan itu mendapatkan layanan kesehatan.

“Kehadiran Poskesdes ini diharapkan bisa menjadi solusi dari masalah kurang cepatnya pelayanan kesehatan ke masyarakat akibat Jarak yang lumayan jauh dari desa ke kota,” katanya.

Asian Agri, kata dia, berharap Poskesdes yang dibangun perusahaan itu mendapat dukungan dari Pemerintah dan khususnya masyarakat. Bantuan Pemintah misalnya dengan penempatan tenaga medis, sedangkan dari masyarakat adalah menjaga aset bangunan dan peralatan medis.

Sementara itu, Camat Pangkatan Bibit Wiro Yahyo menyebutkan, bantuan pembangunan Poskesdes sangat berharga bagi masyarakat kecamatannya yang masih sangat memerlukan layanan kesehatan.

“Poskesdes bantuan Asian Agri harus didukung dan dimanfaatkan maksimal masyarakat karena akan menguntungkan warga dan keluarga,” katanya.

Bibit berharap, pihak Asian Agri untuk selanjutnya menghibahkan lahan dan bangunan serta perlengkapan medis di Poskesdes itu ke Pemkab Labuhanbatu agar Pemerintah lebih leluasa melengkapi sarana lainnya dari dana anggaran Pemerintah seperti ambulans.

Kepala Desa Kampung Ladang, Ali menyebutkan, layanan kesehatan memang masih sangat diperlukan 1.925 kepala keluarga di desa itu yang perekonomiannya masih belum memadai dari pekerjaan mereka yang sebagian besar sebagai pekerja perkebunan.

Tokoh masyarakat Kampung Padang, A Silaban juga mengaku sangat berharganya Poskesdes di sekitar pemukiman. “Warga tidak perlu lagi terlalu jauh untuk berobat,” katanya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *