Radio Delta FM Medan Kembali Gelar Donor Darah

radio deltabareskrimMEDAN | Guna membantu masyarakat Kota Medan yang membutuhkan darah, Radio Delta FM Medan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia ( PMI ) unit donor darah cabang Medan kembali mengadakan kegiatan donor darah, Kamis ( 28/11/2013).

Acara yang diadakan di lantai 4 Mandiri Building, Jl Imam Bonjol 16 D, Medan pada pukul 09.00 hingga 14.00 berhasil mengumpulkan 100 kantong darah.

Program Director dan Operation Manager Radio Delta FM Medan, Agoez Perdana mengatakan, aksi sosial ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Radio Delta FM Medan.

“Kegiatan donor darah ini kami laksanakan rutin 3 bulan sekali. Para pendonor kebanyakan adalah pendengar Radio Delta FM Medan dan masyarakat umum yang berada di gedung Mandiri Building dan perkantoran sekitarnya”, ujarnya.

Dirinya berharap, kedepannya donor darah ini dapat menjadi gaya hidup bagi masyarakat di Kota Medan.

Sementara itu, Plt Direktur Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Medan, dr Rendy Maulana mengatakan ketersediaan kantong darah yang berada di UDD PMI Kota Medan hingga hari ini. (Kamis – red) sebanyak sebanyak 458 kantong darah yang terdiri dari golongan darah A 140 kantong, golongan darah B 101 kantong, golongan darah O 168 kantong dan golongan darah AB 49 kantong.

“Jumlah ini belum termasuk dari donor darah yang di Radio Delta FM Medan”, ujar dr Rendy.
Dikatakannya, manfaat bagi masyarakat dengan melakukan donor darah
adalah untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah sekaligus dapat dijadikan indikator bagi penyakit-penyakit serius yang menyerang tubuh.

“Saat kita rutin mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan resiko penyakit jantung”, terangnya.

Donor darah juga menjadi perangkat yang ampuh bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan mereka. Karena, menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira – kira 650 kalori.

“Secara psikologis, menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya seperti darah kepada orang lain yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis, yang berarti para pendonor darah akan mendapatkan kesehatan mental,” pungkas dr Rendy. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *