Sosialisasi Pendewasaan Usia Pernikahan Melalui Pentas Komedi GenRe

bareskrimMEDAN | Untuk mensosialisasikan program pendewasaan usia pernikahan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengadakan acara Pentas Komedi GenRe (Generasi Berencana), Kamis (28/11/2013), di 061 Bristo, Jalan A Yani Medan.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, drg Widwiono MKes, mengatakan, Komedi GenRe merupkan suatu wadah bagi para komedian nusantara. Kompetensi ini bertemakan Pernikahan Ideal diatas 20 tahun untuk wanita dan diatas 25 tahun untuk pria.

“Kegiatan ini juga sebagai gerbang mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera, yang juga diambil sebagai materi komedi para peserta,” ucap drg Widwiono MKes, didampingi Dr Wendy, Deputi Pengendalian Kependudukan BKKBN Pusat.

Dalam kegiatan Komedi GenRe dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama, yakni audisi yang akan diadakan di 10 kota, diantaranya Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Makassar dan Denpasar, yang akan dilaksanakan pada 26-28 Nopember 2013.

Selain audisi seccara langsung, juga dibuka jalur bagi peserta yang mengirimkan materi komedi berupa rekaman CD/DVD. Peserta yang lolos dari tahap audisi akan maju ke tahap 2, yaitu Grand Final yang akan bertempat di Piazza Gandaria City, Jakarta, pada 6 Desember 2013.

Widwiono menegaskan, Komedi GenRe juga mengajak emaja untuk mengembangkan kreatifitas melalui komedi, baik solo atau duo. Para peserta akan dibagi menjadi dua kategori umur 17 – 21 dan 22 – 26 tahun. Pendaftaran telah dibuka sejak 18 Nopember 2013 dan berhasil menarik ratusan peserta.

Dipenghujung audisi di setiap kota, tim juri yang terdiri dari 1 unsur BKKBN, 1 komedian local, dan 1 budayawan/seniman lokal akan memilih dua peserta, satu dari masing-masing kategori untuk mendapatkan tiket ke acara final. Sebagai hiburan tambahan, bagi para penonton, audisi akan dimeriahkan oleh band anak muda di kota-kota tersebut.

Dengan menggunakan komedi sebagai medium penyampaian sosialisasi, diharapkan program BKKBN bisa menyentuh berbagai lapisan masyarakat terutama kalangan muda. Genre sendiri merupakan program utama BKKBN yang ditujukan ke pemuda-pemudi nusantara yang bertujuan untuk penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja agar terencana lebih baik.

“Berencana punya anak, jarak kelahiran antara anak pertama dengan yang kedua, berencana pengasuhan anak, pendidikan anak an berencana membentuk keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” pungkas dr Wendy. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *