Fraksi PAN dan Demokrat Setuju Bentuk Pansus Bank Sumut

bareskrimMEDAN | Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Fraksi Demokrat setuju tentang adanya wacana dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) PT Bank Sumut, sejauh itu memiliki dasar aturan hukum yang jelas dan untuk kepentingan masyarakat Sumatera Utara.

“Kami pada dasarnya setuju dibentuknya Pansus Bank Su-mut, dengan syarat bukan untuk kepentingan politik atau hal-hal lain yang sifatnya pribadi atau untuk kepentingan kelom-pok tertentu”, kata Bendahara Fraksi PAN, Muslim Simbolon Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sumut Tahan Manahan Panggabean kepada wartawan, kemarin.

Meskipun demikian mereka, bersama anggota Fraksi PAN dan anggota Fraksi Demokrat lainnnya, akan membahas persoalan ini dalam rapat fraksi yang akan di gelar dalam waktu dekat.

“Sejauh wacana itu memang murni untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan di Sumut, akan kita dukung. Apalagi Bank Sumut merupakan Ba-dan Usaha Milik Daerah (BU MD) yang harus kita awasai secara bersama-sama,” kata Tahan.

Ketika dituding bahwa kondisi PT Bank Sumut saat ini dalam kondisi keuangan yang tidak sehat, karena tingginnya kredit macat atau kredit bermasalah yang sudah mencapai 4,18 persen Tahan mengatakan, pihaknya akan mencoba mempelajari tentang kondisi tersebut dalam rapat fraksi.

Apakah kondisi itu memang sudah berbahaya bagi kelangsungan Bank Sumut atau tidak.
“Kita akan segera meminta klarifikasi dari Bank Sumut tentang berbagai angka dan tudingan miring yang telah diungkapkan teman-teman di dewan. Dalam kaitan itu, saya juga akan meminta penjelasan dari anggota Fraksi Demokrat yang saat ini betrugas di komisi yang membidangi keuangan tersebut,” kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumut.

Dalam menyikapai persoalan ini, pihaknya tidak boleh gegabah. Meskipun Demokrat merupakan partai pro rakyat, tetapi dalam melihat setiap persoalan kita harus lebih bijak dan profesional. “Nah, untuk itu kita pelajari secara mendalam tentang berbagai persoalan yang saat ini sedang menyelimuti PT Bank Sumut,” kata Tahan Manahan Panggeban.

Sementara, Bendahara Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Sumut, Muslim Simbolon, yang juga merupakan angota Komisi C DPRD Sumut menyebutkan, Fraksi PAN secara tegas menyetujui pembentukan Pansus dimak-sud, dalam upaya menyelamatkan kehancutan bank kebanggaan masyarakat Sumut ini dari kehancuran.

Menurut Muslim, saat ini telah terjadi pencurian secara sistemik dalam operasional PT Bank Sumut yang mirip dengan awal kehancuran Bank Century, yang saat ini kasusnya dalam penyidikan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan melibatkan para peting-gi di negeri ini.

“Kita berharap, apa yang terjadi di Century tidak terjadi di PT Bank Sumut. Untuk itulah perlu dilakukan audit secara total oleh lembaga independen terhadap operasional keuangan Bank Sumut, yang saat ini sudah berada di “lampu kuning” kalau berpedoman pada standar NPL yang ditetapkan BI sebesar 5 persen,” kata Muslim Simbolon.

Beberapa fraksi lainnya seperti Golkar, PDI Perjuangan PKS, Hanura dan Gerindra, PPP, PPRN dan PDS ketika dihubungi wartawan terkait dengan wacana pembentukan Pansus PT Bank Sumut, belum memberikan penjalasan secara rinci.

“Kami akan menggelar rapat fraksi untuk membahas persoalan ini terlebih dahulu. Apakah mendukung atau tidak, nanti akan diputuskan melalaui rapat fraksi”, kata sa-lah seorang pimpinan Fraksi di DPRD Sumut,” ujarnya.

Sebelumnya, ada wasacana dari sejumlah anggota dewan yang meminta agar pimpinan DPRD Sumut segera membentuk Pansus PT Bank Sumut, karena kondisi keuangan BU MD milik Provsu ini, sudah dalam keadaan “tidak sehat”, dan perlu segera diambil langkah-langkah antisipasi, dengan mendalami berbagai persoalan yang saat ini sedang menyelimuti Bank Sumut. (man/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *