Mendagri Tegur 19 Provinsi di Indonesia

bareskrimMEDAN | Sebanyak 19 provinsi di Indonesia, termaksud salah satunya Provinsi Sumut, mendapat teguran dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), karena tidak menuntaskan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tepat waktu.

Ke 19 Provinsi tersebut pun, terancam dikenai sanksi berupa pengurangan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU).

Anggota DPRD Sumut, Husein Hutagalung mengatakan, pihaknya berharap agar bulan ini juga, pembahasan mengenai APBD sudah tuntas dan ketok palu, sebab telah molor dari jadwal seharusnya.

Sebab, bila semakin lama ditunda, maka tidak akan baik bagi provinsi ini. Dimana program yang berhubungan dengan masyarakat dan pelayanan publik, akan terhambat.

Sementara itu, akibat molornya penetapan APBD 2014 ini, Provinsi Sumatera Utara terancam dikenai sanksi oleh Mendagri. Hal itu berdasarkan surat teguran yang dikirim Mendagri ke provinsi ini, dan 18 provinsi lainnya yang tidak menyelesaikan penetapan APBD tepat waktu.

Husein juga mengatakan, bahwa yang menjadi penyebab molornya penetapan APBD 2014, diduga tertunda karena libur Natal dan Tahun Baru, lalu banyaknya anggota legislatif yang turun ke daerah untuk sosialisasi pemilukada, serta adanya pemandangan fraksi belum tuntas secara legal formal oleh pemerintah (gubernur).

Atas kejadian ini, Husein berharap agar kedepan, penjadwalan pembahasan sudah dimulai antara rentang waktu di bulan Agustus atau September. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *