Sumut Layak Jadi Tuan Rumah PON 2020

bareskrimMEDAN | Tim Penjaringan Calon Tuan Rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk tahun 2020 menilai, Provinsi Sumatera Utara layak menjadi salah satu calon tuan rumah, bila dilihat dari kesiapannya saat ini.

Namun, ada beberapa catatan, dan hal tersebut harus dituntaskan pada biding, rapat umum KONI Pusat, 10-11 Maret 2014 mendatang.

“Ada 15 kriteria yg ditinjau, termasuk diantaranya bandaranya. Kalau dilihat dari Bandara Kualanamu yang ada di Deliserdang, tentunya Sumut siap tampung jumlah kunjungan yang besar, demikian juga dengan hotel berbintang, akomodasi dan transfortasinya yang ada,” kata EF Hamidi di Hotel Grand Angkasa Medan, seusai meninjau sejumlah venue, Sabtu (15/2/2014).

Akan tetapi, dikatakan Hamidi, untuk beberapa venue tenis lapangan di Unimed, GOR Samudera untuk cabang tarung drajat, juga karate, judo dan voli, ini menjadi catatan.

Jadi, ada beberapa hal yang harus dibenahi dari beberapa venue tersebut, seperti kapasitas penonton, area parkir, toilet penonton dan atlet, serta ruang ganti pakaian.

“Misalnya Lapangan Tenis di Unimed, yang kapasitas penontonnya masih terlalu sedikit, demikian juga dengan GOR Samudera yang lahan parkirnya diperkirakan hanya dapat memuat dua sampai empat bus saja, bayangkan kalau setiap provinsi ikut cabang ini, tentunya minimal ada 34 bus yang parkir, sementara kapasitas parkirnya paling banyak hanya muat empat bus. Inilah beberapa bagian yang harus dibenahi lagi,” katanya.

Tim verifikasi yang merupakan gabungan dari Kemenpora dan KONI Pusat, meninjau beberapa venue di Medan dan Deliserdang, yang dinilai pada umumnya sudah cukup memenuhi standar sesuai dengan apa yang telah syaratkan untuk menggelar pertandingan dalam pelaksanaan PON.

Hanya saja, masih menyisakan beberapa catatan, dan ini menurut Hamidi, menjadi tugas tim pemenangan PON di Sumut pada biding mendatang.

Adapun, upaya timnya, selama di Sumut akan melakukan verifikasi dan membuat tabulasi dan komulasi dan akan menyampaikan hasilnya pada rapat tahunan KONI pada Maret, sekaligus rapat umum, yang akan diikuti seluruh anggota KONI.

Dalam acara tersebut, keenam provinsi yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah PON yakni Sumut, Aceh, Jawa Tengah, Bali, Papua dan Sulawesi selatan akan memaparkan kesiapan serta kelbihan masing-masing kepada peserta rapat.

Untuk selanjutnya masing-masing peserta rapat tahunan akan menentukan tiga provinsi terbaik yang hasilnya akan disampaikan ke Presiden RI sebagai penentu akhir provinsi mana yang dipilih sebagai tuan rumah PON. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *