Sumut Ajak Malaysia Kerjasama Bidang Pertanian dan Peternakan

Wagubsu Tengku Erry Nuradi,  Asisten II Ekonomi Pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) Sabrina dan Kepala Dinas Pertanian Sumut HM. Roem menyelempangkan ulos sebagai cenderamata kepada Meteri Pertanian Malaysia, Dato’ Sri Ismail Sabri Yacob usai jamuan makan siang di salah satu restoran di kawasan Jl. Pattimura Medan, Senin (3/3/2014).
Wagubsu Tengku Erry Nuradi, Asisten II Ekonomi Pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) Sabrina dan Kepala Dinas Pertanian Sumut HM. Roem menyelempangkan ulos sebagai cenderamata kepada Meteri Pertanian Malaysia, Dato’ Sri Ismail Sabri Yacob usai jamuan makan siang di salah satu restoran di kawasan Jl. Pattimura Medan, Senin (3/3/2014).

bareskrimMEDAN | Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengajak Malaysia menjalin kerjasama bidang pertanian dan peternakan. Selain memiliki stok sayur melimpah, Sumut juga punya banyak sentra peternakan yang bebas dari penyakit kuku dan mulut.

Ajakan kerjasama ini disampaikan Wagubsu Tengku Erry Nuradi usai jamuan makan siang dengan Menteri Pertanian Malaysia, Dato’ Sri Ismail Sabri Yacob dan rombongan di salah satu restoran di kawasan Jalan Pattimura Medan, Senin (3/3/2014).

Hadir mendampingi Wagubsu, Asisten II Ekonomi Pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) Sabrina, Kepala Dinas Peternakan Sumut Tetty Erlina Lubis dan Kepala Dinas Pertanian Sumut HM Roem.

Dalam kesempatan tersebut, Wagubsu Tengku Erry menyatakan, Pemprov Sumut membuka diri menjalin kerjasama bidang pertanian. Salah satunya adalah kerjasama ekport sayur mayur dari Sumut ke Malaysia. Selain itu, Sumut juga termasuk daerah penghasil bunga yang telah melakukan eksport ke Jepang dan Belanda.

“Kerjasama nantinya bisa melalui perwakilan dagang Malaysia di Sumut atau lewat Konjen Malaysia dia Medan. Tidak hanya sayuran, juga memungkinkan eksport buah segar,” ujar Erry.

Menurut Erry, erupsi Gunung Sinabung dalam 5 bulan terakhir tidak significant mempengaruhi penurunan hasil panen sayuran, karena Kabupate Karo bukan satu-satunya pengahasil sayuran di Sumut. Dampak erupsi Gunung Sinabung sendiri hanya mempengaruhi lahan pertanian di radius 10 kilometer dari kaki Gunung Sinabung.

Erry juga mengatakan, Sumut juga memiliki banyak sentra peternakan sapi dan kambing yang tersebar di sejumlah kabupaten seperti Deli Serdang, Binjai dan Langkat.

“Pemerintah Provinsi melalui Dinas Peternakan bisa membicarakan seperti apa pola kerjasama dengan Malaysia nantinya,” tambah Erry.

Indonesia sendiri merupakan satu dari tiga negara di dunia yang bebas dari penyakit kuku dan mulut setelah Australia dan Newzeland. Kelebihan tersebut menjadi salah satu garansi bagi calon investor.

Sementara Meteri Pertanian Malaysia, Dato’ Sri Ismail Sabri Yacob menyambut baik tawaran kerjasama bidang pertanian dan peternakan tersebut. Pihaknya berencana menjadwalkan pertemuan lanjutan untuk membahas peluang kerjasama tersebut nantinya setelah pulang dari kunjungan ke Provinsi Aceh.

“Kami sengaja singgah di Medan. Rencananya kami akan berkunjung ke Aceh. Setelah balik dari Aceh, kami akan menyusun jadwal pertemuan dengan pemerintah Sumut guna membahas peluang kerjasama bidang pertanian dan peternakan,” sebut Ismail.

Menurut Ismail, pihaknya telah melakukan penjajagan untuk melihat potensi kerjasama bidang perternakan, terutama peternakan kambing. Dua negara yang sedang dijajagi untuk ternak kambing tersebut adalah Indonesia dan Thailand.

“Kami tertarik kerjasama perternakan kambing. Mungkin nantinya kambing akan dibesarkan di Sumut kemudian dagingnya dikirim ke Malaysia. Selama ini Malaysia telah menjalin kerjasama ternak kambing dengan Australia,” ujar Ismail.

Selain kerjasama ternak kambing, Ismail juga mengatakan pihaknya sedang menjajagi kemungkinan kerjasama ternah sapi dan ayam dengan Sumut.

“Kami melakukan lawatan dulu ke Aceh. Nantinya kita akan bahas lebih lanjut tentang kerjasama pertanian dan peternakan,” sebut Ismail. (ucup/B)

2 thoughts on “Sumut Ajak Malaysia Kerjasama Bidang Pertanian dan Peternakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *