Menko Kesra ‘Blusukan’ ke Serdang Bedagai

Menko Kesra RI Dr HR Agung Laksono didampingi Bupati Sergai Ir H Soekirman melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sergai.
Menko Kesra RI Dr HR Agung Laksono didampingi Bupati Sergai Ir H Soekirman melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sergai.

bareskrimSERGAI | Menko Kesra RI HR Agung Laksono melakukan ‘blusukan’ ke Kabupaten Serdang Bedagai. Beliau didampingi Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wakil Bupati Syahrianto SH, Anggota DPR RI Ir Leo Nababan, Deputi Adpin BKKBN Pusat dr Abidinsyah Siregar DHSM MKes, Kadis Kesehatan Sergai Drg Zniyar MAP, Direktur RSU Sultan Sulaiman, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sergai, Minggu (9/3/2014).

Dalam kunjungan tersebut, Menko Kesra juga melakukan kunjungan ke RSU Sultan Sulaiman melihat pasien yang mengalami sakit.

Menko Kesra RI menyampaikan, program-program peningkatan kesejahteraan rakyat merupakan upaya pemerintah dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan melalui koordinasi, sinergi dan sinkronisasi program pembangunan dari Kementerian dan Lembaga, Provinsi, Kabupaten/Kota, partisipasi BUMN dan peran serta masyarakat dan swasta lainnya.

“Pemerintah tidak hanya berdiam diri hingga saat ini senantiasa memastikan 4 klaster penanggulangan kemiskinan dengan baik yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, antara lain melalui pembangunan infrastruktur antar desa termasuk penyediaan pelayanana dasar baik pendidikan, kesehatan termasuk penyediaan air bersih,” katanya.

Ada beberapa program Pemerintah Pusat maupun daerah, apabila tidak dijalankan secara optimal maka hasilnya kurang maksimal, oleh karenanya harus disinergikan agar lebih bermanfaat bagi masyarakat seperti program Pandu Gerbang Kampung (Kemenko Kesra), program Siaga (Kemkes), program Desa Dering (Kominfo). Kemudian program Sarana Lingkungan (Kemsos), program Infrastruktur (Kemen PU) serta PNPM-MPD.

Disamping itu, kata Agung Laksono, ada program penenggulangan kemiskinan yang telah dilaksanakan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Raskin dan Bantuan langsung Sementara Masyarakat (BLSM). “Bagi program yang tidak seluruhnya tertampung oleh Pemerintah Pusat diharapkan diusulkan di daerah yang didukung melalui APBD masing-masing,” ungkap Menko Kesra.

Dia berharap, dengan ada program bantuan simultan ini dapat mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat di Kabupaten Sergai selanjutnya dijadikan model pembangunan yang berkesinambungan oleh daerah ini. Serta menjadi langkah awal model koordinasi, sinkronisasi dan sinergi pembangunan yang dilaksanakan secara terpadu guna mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Sedangkan Bupati Sergai Ir H Soekirman mengungkapkan terimakasih kepada Menko Kesra RI yang menyempatkan diri melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sekaligus memberi arahan dalam rangka meningkatkan pelayanan di daerah ini.

Perlu dilaporkan saat ini Kabupaten Sergai sebagai pilot project program Strategi Aliance for Poverty Alleviation (SAPA) serta telah menjalankan program penanggulangan dan pengentasan kemiskinan di daerah dalam rangka mecapai target sasaran Milenium Development Goals (MDGs).

Untuk mengukur keberhasilan dari program ini adalah dengan menerapkan Indeks Kesejahteraan Rakyat (IkraR) sebagai ujung tombak kemakmuran rakyat dengan Human Devlopment Indeks dibidang kesehatan dan pendidikan.

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah disosialisasikan kepada jajaran Pemkab maupun masyarakat. Disamping itu kami telah menjamin masyarakat yang kurang mampu diluar peserta Jamkesmas sebanyak 76.332 jiwa yang sudah tertampung pada APBD Sergai maupun Provsu tahun 2014.

Guna meningkatkan pembangunan, Pemkab Sergai telah melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana di Dinas Kesehatan serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan tenaga kesehatan. Selain itu dilakukan rehabilitasi gedung puskesmas, pustu dan juga pengadaan alat-alat kesehatan.

Pada kesempatan ini mengajak kepada seluruh stakeholder agar dapat bekerja lebih optimal bagi tenaga kesehatan agar lebih meningkatkan pelayanan masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu. Begitu juga Pemkab Sergai terus meningkatkan peran serta dalam membangun Kabupaten Tanah Bertuah Negeru Beradat guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara maksimal. (man/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *