Debit Air Sungai Deli Menurun

bareskrimMEDAN | Kepala Divisi Public Relations PDAM Tirtanadi Ir Amrun mengatakan, memasuki musim kemarau tahun ini, beberapa sungai yang menjadi sumber air baku PDAM Tirtanadi mengalami kekeringan, sehingga produksi air di setiap Instalasi Pengolahan Air (IPA) tidak maksimal.

Salah satunya adalah Sungai Deli yang menjadi sumber air baku IPA Deli Tua mengalami penurunan debit sehingga produksi IPA Deli Tua berfluktuasi menyesuaikan debit air baku.

Kapasitas IPA Deli Tua pada siang hari normalnya 1.700 l/d berfluktuasi antara 1.300 – 1.500 l/d dan pada malam hari normalnya 1.550 l/d berfluktuasi antara 1.250 – 1.350 l/d.

“Kepala IPA. Deli Tua telah berkoordinasi dengan Penjaga Pintu Air di bagian hulu agar lebih bijaksan dalam mengatur pembukaan pintu air dengan tetap memperhatikan kebutuhan petani yang juga menggunakan air Sungai Deli untuk pertanian” kata Amrun kepada wartawan, Rabu (12/3/2014).

Hal ini tentu saja mengakibatkan gangguan pelayanan di beberapa wilayah, baik dari segi kualitas, kuantitas maupun kontinutas. Adapun wilayah yang terkena dampak dari fluktuasi produksi IPA Deli Tua adalah Jl. Pertahanan, Jl. Gurilla, Jl. Pimpinan Jl. Perjuangan, Jl. Pancing, Jl. Rakyat, Jl. Gaharu, Jl. Perintis Kemerdekaan, Jl. M. Said, Jl. AR. Hakim, Jl. Bromo, Jl. Selam, Jl. Industri, Jl. Wahidin, Jl. Pelajar, Jl. Air Bersih, Jl. Saudara, Jl. Sempurna, Jl. Pintu Air, Jl. Rahmadsyah, Jl. Ismailiyah, Jl. Medan Area, Jl. Multatuli, Kota Matsun sekitarnya.

“Kami mohon maaf atas gangguan ini, ini sepenuhnya merupakan gejala alam diluar kemampuan kami. Pelanggan yang mengalami gangguan air dapat menyampaikan keluhannya ke cabang terkait atau melalui Call Center PDAM Tirtanadi ke nomor 500444,” ujar Amrun. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *