BKKBN Sumut Kembali Gelar Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe 2014

MEDAN | Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kembali menggelar Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe 2014 untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

bareskrimKegiatan yang diikuti puluhan mahasiswa/i dari sejumlah Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di Sumatera Utara, berlangsung selama tiga hari (15-17 April 2014), di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut, Jalan Gunung Krakatau Medan.

Dari ratusan lebih mahasiswa/i yang mendaftar, tercatat sekitar 58 orang peserta yang melakukan registrasi ulang Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe 2014. Demikian laporan Kasubid Ketahanan Bina Remaja Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut, Syamsurizal Lubis SH SSos.

Menurut Syamsurizal selaku Panitia Penyelenggara Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe 2014, event tahunan ini digelar untuk mencari figur motivator dari kalangan remaja yang dapat mensosialisasikan program GenRe (Generasi Berencana) di lingkungan kampus.

BKKBN sebagai salah satu instansi pemerintah merespon permasalahan remaja melalui program GenRe. Program ini dilakukan melalui dua pendekatan, yaitu Pendekatan kepada remaja itu sendiri melalui pengembangan PIK (Pusat Informasi Konseling) Remaja/Mahasiswa; Pendekatan kepada orangtua melalui pengembangan kelompok bina keluarga remaja (BKR).

“Diharapkan Duta Mahasiswa terpilih dapat mensosialisasikan program GenRe di lingkungan kampus, karena dirasa lebih efektif dilakukan sesuai dengan prinsip dari, oleh dan untuk mahasiswa,” ujarnya.

Sebelum diresmikan Pemilihan Duta Mahasiwa GenRe 2014, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut, drg Widwiono MKes mengingatkan, sekitar 64 juta jiwa atau sekitar 27,6% dari total penduduk Indonesia berusia remaja.

Remaja rentan dengan berbagai permasalahan seperti pernikahan dini, terlibat dalam penyalah gunaan Napza dan beresiko terkena HIV/AIDS.

Berdasarkan data Survei Demografi Kependudukan Indonesia (SDKI) tahun 2012, usia nikah pertama di Indonesia pada perempuan mencapai 20,1 tahun. Padahal, harapannya nikah di usia 21 tahun.

“Dapat kita bayangkan, masih tingginya resiko yang dihadapi remaja akibat nikah muda dari segala aspek mulai kesehatan, psikologis, sosial, ekonomi dan pendidikan,” kata seraya menambahkan, salah satu upaya agar remaja terhindar dari prilaku tersebut, maka dibutuhkan kesiapan dan perencanaan untuk penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR).

Widwiono yang didampingi Sekretaris BKKBN Sumut yang juga Pj Kabid KS/PK, Drs Datang Sembiring MPHR berharap, icon Duta Mahasiswa GenRe 2014 tingkat Provinsi Sumut dapat menjadi figur motivator dalam mensosialisasikan program GenRe kepada kalangan remaja dan mahasiswa.

Di lain pihak, Kasubid Advokasi dan KIE BKKBN Sumut, Anthony SSos menyebutkan, pemenang Duta Mahasiswa GenRe untuk tingkat provinsi akan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe 2014 Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Jakarta pada bulan Mei.

Selain Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe, khusus remaja SMP, SMA dan Mahasiswa, BKKBN juga menggelar Lomba Baca Berita, Balas Pantun pada tanggal 16 April. “Acaranya diadakan di Auditorium RRI Medan,” pungkas Anthony. (ucup/B)

Satu tanggapan untuk “BKKBN Sumut Kembali Gelar Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe 2014

  • 17 November 2014 pada 9:47 AM
    Permalink

    Kapan lagi ni ada pemilihan duta remaja?kami sangat susah mengakses jalur untuk jadi duta remaja padahal kami punya pik r, tapi kami tidak tau cara mengembangkan pik r smk n 1 sirandorung..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *