Jangan Percaya Bocoran Kunci Jawaban UN SMP

LANGKAT | Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengimbau siswa SMP sederajat yang akan menjalani Ujian Nasional (UN) pada Senin (5/5/2014), agar tidak terpedaya dengan mempercayai bocoran kunci jawaban UN.

Wagubsu Tengku Erry Nuradi dan rombongan berphoto bersama siswa saat kunjungan ke Perguruan Serilangkat, Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, salah satu dari 6 sekolah berprestasi di Sumatera Utara (Sumut).
Wagubsu Tengku Erry Nuradi dan rombongan berphoto bersama siswa saat kunjungan ke Perguruan Serilangkat, Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, salah satu dari 6 sekolah berprestasi di Sumatera Utara (Sumut).

bareskrimUntuk lulus UN, siswa harus membekali diri dengan penguasaan mata pelajaran, bukan dengan memilih cara tidak terpuji.

Imbauan ini disebutkan Wagubsu Tengku Erry saat mengunjungi Perguruan Serilangkat, Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, salah satu dari 6 sekolah berprestasi di Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (3/5/2014).

Perguruan Serilangkat mendapat Adiwiyata tingkat nasional tahun 2013 karena menjadi salah satu sekolah yang berwawasan dan peduli lingkungan.

Bersama Wagubsu Tengku Erry, turut isteri yang juga selaku anggota Komisi E DPR Sumut Dra Hj Evi Diana Erry, Ketua PSSI Johar Arifin Husein, Ketua Umum Badan Musyawarah Kepala Sekolah/ Madrasyah ((BMKSS) Sumut Drs Suparno MPd, Sekretaris Dinas Pendidikan Sumut, Drs Hendri Siregar MM, Ketua Forum Koordinator Pengawas Sumut Drs Safaruddin MPd, Kadis Pendidikan Langkat dan sejumlah pejabat Kabupaten Langkat lainnya.

Erry menyebutkan, tidka tertutup kemungkinan ada pihak tidak bertanggungjawab yang mencoba mencari keuntungan pribadi dengan menyebarkan bocoran lembar kunci jawaban UN palsu kepada siswa. Penipuan tersebut terjadi beberapa hari menjelang UN berlangsung.

Untuk menghindari bentuk penipuan yang dapat merugikan, pihak guru, orangtua dan siswa SMP sederahat calon peserta ujian, harus waspada dan tidak terpedaya.

“Lembar soal ujian UN dijaga ketat dan tidak akan beredar sebelum ujian dilaksanakan. Untuk itu, jangan percaya jika ada pihak yang menawarkan lembar jawaban UN SMP. Siswa yang percaya akan terpedaya dan pasti merugi,” ujar Erry.

Erry menegaskan, soal UN yang diujikan nantinya bervariasi. Tiap siswa akan mendapat soal ujian berbeda satu dengan lainnya. Benar atau palsu kunci jawaban yang dibeli, belum tentu cocok dengan soal yang diterima siswa.

“Siswa peserta UN SMP dan sederajatnya harus percaya diri dalam menjawab soal ujian, bukan dengan melakukan tindakan tidak terpuji dengan harapan nilai UN tinggi. Hasil UN hanya 30 persen mempengaruhi kelulusuan. Selebihnya adalah hasil kumulatif yang diberikan oleh sekolah masing-masing,” ujar Erry.

Sementara Ketua PSSI yang pernah mengenyam pendidikan di Perguruan Serilangkat, Johar Arifin Husein mengajak siswa untuk mananamkan tekat untuk disiplin, pantang menyerah sebagai bekal dalam mengukir prestasi di masa mendatang.

“Tidak hanya dalam dunia sepakbola, dalam belajar juga harus disiplin dan bertanggungjawab. Rajin dan sungguh-sungguh dalam belajar agar apa yang diimpikan bisa terwujud,” sebur Johar.

Ketua Yayasan Perguruan Seri Langkat, Hj. Hafifah mengatakan, pihak sekolah memberikan bimbingan belajar kepada siswanya sebagai bekal menghadapi UN 2014.

“Kami juga memberikan hari tenang kepada siswa agar berkonsentrasi menghadapi UN pada Senin nanti. Semua itu dimaksudkan untuk mendukung persiapan siswa SMP Perguruan Serilangkat menjelang UN,” sebut Hafifah.

Kehadiran Wagubsu Tengku Erry dan rombongan, tepat di pintu masuk sekolah disambut beberapa siswa yang berperan sebagai penghulu balang kerajaan, lengkap dengan tongkatnya. Kemudian rombongan diarak memasuki halaman sekolah yang disambut dengan pencak silat.

Rombongan kemudian dihibur dengan tarian dan diakhir dengan penyerahan balai berisi pulut, daging dan telur yang digantung ditangkai hiasan bunga berwarna keemasan. Penyambutan ala Melayu Langkat ini merupakan bentuk penghargaan kepada Wagubsu Tengku karena menepati janji berkunjung ke sekolah berprestasi tersebut. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *