Enam Provinsi Belum Kirim Rekap Pemilu Legislatif

JAKARTA | Enam Provinsi hingga kini belum mengirimkan hasil rekapitulasi pemilu legislatif, untuk di hitung pada tingkat nasional.

bareskrimKeterlambatan itu lantaran daerah-daerah itu, sempat bermasalah saat menggelar pemilu legislatif 9 April 2014 lalu.

“Ada Papua kan belum tiba, diperkirakan tanggal 7 (Mei). Kemudian Sumatera Utara, karena ada Nias (pencoblosan ulang), diperkirakan tanggal 7. Kemudian, bahkan Jawa Tengah, kerana Jateng kan baru Kabupaten Pekalongan (direkapitulasi), baru besok Selesai, lusa dia (Jateng) lagi,” kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di kantornya, Selasa (6/5/2014).

Untuk provinsi yang sudah ditetapkan di beberapa daerah pemilihan, akan dihitung secara bertingkat dengan daerah pemilihan lain, yang belum direkapitulasi.

“Itu kan bertingkat-tingkat kan, jadi koreksi di satu wilayah kan harus rekapnya, diperbaiki lagi, digabung-gabungin lagi,” jelas Hadar.

Untuk hari ini, data yang akan masuk yaitu dari provinsi Jawa Timur, Kepulauan Riau, dan Jawa Barat. Namun, penghitungan data yang baru masuk itu, diperkirakan tidak akan selesai hari ini.

“Jadi mungkin tanggal 7 (Mei). Saya kira bisa kita ya, mungkin Papua lah ya yang kita pastikan nyampe. Hambatan kita mungkin di sana, tapi saya kira kalau mendengar perkembangannya, mereka terus rapat juga di sana, mudah-mudahan (hasil rekapnya) bagus,” tandasnya.

KPU sendiri dijadwalkan hari ini rampung melakukan rekapitulasi. Namun KPU telah merubah Peraturan KPU Nomor Nomor 21 Tahun 2013 tentang jadwal rekapitulasi. Peraturan awal, rekap selesai tanggal 6 Mei 2014.

Kemudian rekapitulasi dijadwalkan di perpanjang hingga 9 Mei, bersamaan dihari pengumuman hasil pileg secara resmi. (inl/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *