Safari Ramadhan | Kab/Kota Diajak Bersinergi Dukung Pemprov Bangun Sumut

SIANTAR | Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemko) di Sumut bersinergi dalam mendukung laju pembangunan demi mencapai Sumut yang berdaya saing dan sejahtera.

Wagubsu Tengku Erry Nuradi didampingi Wakil Walikota Pematang Siantar Toni Ismail Siregar dan sejumlah tokoh agama menyerahkan bantuan kepada perwakilan 100 anak yatim,  perwakilan 100 ustadz dan kaum ulama serta sumbangan kepada Mesjid Al-Muslimin Pematang Siantar.
Wagubsu Tengku Erry Nuradi didampingi Wakil Walikota Pematang Siantar Toni Ismail Siregar dan sejumlah tokoh agama menyerahkan bantuan kepada perwakilan 100 anak yatim, perwakilan 100 ustadz dan kaum ulama serta sumbangan kepada Mesjid Al-Muslimin Pematang Siantar.

bareskrimHarapan tersebut disampaikan Wagubsu Tengku Erry Nuradi saat berbuka puasa dalam rangka Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut yang berlangsung di rumah dinas Wakil Walikota Pematang Siantar, Jl. Kasad, No. 1, Pematang Siantar, Kamis (3/7/2014).

Turut dalam rombongan Safari Ramadhan Pemrov Sumut, Assiten II Ekonomi dan Pembangunan Ir. H. Sabrina, M.Si, Kepala Bappeda Sumut DR. Arsyad MM, Kepala Badan (Kaban) Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sumut Prof. Zainuddin, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Ir. Moh Roem, Kadis Kehutan Hallen, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Drs. Bukit Tambunan, Kepala Biro Keuangan Fuad dan ustadz Dr. Azhar Sitompul.

Sementara jajaran Pemko Pematang Siantar dihadiri Walikota Pematang Siantar Hulman Sitorus SE, Wakil Walikota Pematang Siantar Drs. Koni Ismail Siregar, Anggota DPD RI Rahmad Shah, Dan Rindam I/BB Kol. Inf. Cahyo Suryo Putro, perwakilan Dan Rem Letkol ARH Drs. J. Purba, Dandim 02/07 Simalungun Letkol Inf Parluhutan Marpaung, Ketua MUI Pematang Siantar Drs. H. M. Ali Lubis, mantan Wakil Walikota Pematang Siantar Drs. H. Imal Raya Harahap, perwakilan organisasi kemasyarakatan dan organisasi kepemudaan.

Dalam kesempatan tersebut, Erry menyatakan, Safari Ramadhan ke Kabupaten Pematang Siantar merupakan roadshow pertama dari rombongan Pemprov Sumut.

Ramadhan tahun ini, dari 33 Kabupaten/Kota di Sumut, tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut hanya mampu mengunjungi 12 daerah. Tim dibagi atas tiga kelompok. Kelompok pertama dipimpin Gubernut Sumut Gatot Pujo Nugroho, tim kedua Wagubsu Tengku Erry Nuradi dan tim ketiga dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Nurdin Lubis.

“Ramadhan kali ini, saya mendapat jadwal mengunjungi 4 Kabupaten dan Kota yakni Kota Pematang Siantar, Kata Tanjung Balai, Sidimpuan dan Nias. Ramadhan tahun 2013 lalu, alhamdulillah saya mengunjungi 10 Kabupaten/Kota. Kebetulan saat itu Pak Gubernur sedang umroh,” sebut Erry.

Erry menegaskan, rombongan Safari Ramadhan Pemprov Sumut ke sejumlah daerah, selain menjalin silaturahmi, juga sekaligus melihat kondisi terkini di Kabupaten/Kota, mulai infrastruktur dan pembangunan, serta kehidupan kemasyarakatan di daerah.

“Dari pengamatan tersebut, tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut akan memberikan masukan kepada tim penyusunan program pembangunan, terutama mengakomodir kebutuhan daerah,” sebut Erry.

Menurut Erry, panjang jalan provisni di wilayah Sumut mencapai 3 ribu kilometer, 70 persen diantaranya dalam kondisi baik. Sedang sisanya 30 persen perlu mendapat perbaikan.

“Pemerintah Provinsi menargetkan 200 sampai 250 kilometer .mendapat perbaikan tiap tahunnya. Dengan begitu, 2015 jalan provinsi akan baik dengan anggaran mencapai Rp 1 triliun tiap tahunnya,” sebut Erry

Erry juga mengatakan, investasi Sumut menempati peringkat 10 secara nasional yang diminati dan paling banyak dilirik investor. Urutan pertama ditempati sejumlah provinsi di Pulau Jawa kemudian Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)

Untuk mendiring pembangunan di Sumut, Erry juga mengajak Pemkab dan Pemko bersinergi dengan Pemprov Sumut dengan seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Mari kita wujudkan visi misi Sumatera Utara yakni Provisni yang memiliki daya saing dan sejahtera sesuai semboyan Sumatera Utara Bangkit” ajak Erry.

Menurut Erry, visi misi tersebut akan tercapai mengingat Sumut memiliki potensi yang didukung oleh SDM memadai dengan populasi penduduk terbesar keempat setelah Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Alhamdulillah, salah satu program pembangunan yang telah terealisasi dan membanggakan Sumut adalah pembangunan Bandara Kualanamo. Bandara kebangggaan kita itu telah beroperasi sejak 25 Juli 2013 lalu,” tambah Erry.

Selain itu, pembangunan Pelabuhan Belawan juga telah ground breaking dan Kawasan KEK Sei Mangke mulai dilirik sejumlah investor.

“Memang kendala yang dihadapi Sumut saat ini adalah masalah listrik. Ketersediaan pasokan listrik tidak sejalan dengan pertumbuhan perekonomian Sumut yang pesat. Pertumbuhan ekonomi Sumut 6 persen. Begitu juga pertumbuhan kebutuhan listrik di Sumut juga mencapai 6 persen pertahun,” jelas Erry.

Erry menyatakan, beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pangkalan Susu pada Desember 2014 mendatang dengan kapasitas 2×200 Megawatt diharapkan dapat mengurangi devisit listrik di Sumut.

Sementara Wakil Walikota Pematang Siantar, Drs. Koni Ismail Siregar mengatakan, kondisi keamanan di Kota Pematang Siantar pada Ramadhan dan jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) dalam keadaan aman terkendali.

“Alhamdulillah, Kota Pematang Siantar aman dan kondusif. Ini tidak terlepas dari kerjasama yang harmonis dengan segenap unsur FKPD dan tokoh masyarakat,” sebut Toni.

Koni juga berharap, pelaksanaan Pilpres dan terpilihnya Presiden nantinya membawa angin segar terhadap pembangunan di seluruh bidang menuju Indonesia sejahtera.

“Semoga Indonesia mencapai masa jaya nantinya. Perekonomian masyarakat membaik dan lapangan pekerjaan teruka luas,” harap Toni.

Dalam Safari Ramadan Pemprov Sumut ke Pematang Siantar, secara simbolik Wagubsu Tengku Erry Nuradi menyerahkan bantuan kepada 100 anak yatim, 100 ustadz dan kaum ulama serta bantuan kepada Mesjid Al-Muslimin Pematang Siantar. Rombongan juga melaksanakan sholat tarawih berjamaah di rumah dinas Wakil Walikota Pematang Siantar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *