Melestarikan Biodiversitas Indonesia Melalui Dunia Maya

JAKARTA | Program Biodiversity Warriors yang diusung Yayasan KEHATI mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan, khususnya para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia.

bareskrimSejak diluncurkannya program ini pada bulan Juni yang lalu sudah 361 katalog popular, 127 foto, 95 jurnal serta sejumlah artikel yang berhasil diunggah dalam website www.biodiversitywarriors.org.

Antusiasme dan semangat para pemuda yang berpartisipasi dalam kegiatan ini dapat dilihat dari jumlah dan jenis materi tulisan yang diunggah. Informasi keanekaragaman hayati dari berbagai daerah telah mengisi website ini mulai dari soal spesies yang memerlukan perhatian pelestariannya seperti kepiting ladam, gajah sumatera, lutung jawa maupun cerita-cerita seputar manfaat dari berbagai tumbuhan hingga galeri foto yang menunjukkan betapa cantiknya keanekaragaman hayati yang tersebar di Indonesia.

Masing-masing peserta berupaya memberikan berbagai informasi menarik sesuai dengan minat serta kondisi keanekaragaman hayati yang ada di daerahnya. Seperti yang dilakukan oleh Subhan Hadi Kusuma, salah satu peserta yang saat ini menjadi mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh yang memuat informasi tentang harimau dan orang utan sumatera.

“Spesies Orang Utan Sumatera dan Harimau Sumatera merupakan spesies yang luar biasa, saya tertarik kepada kedua spesies ini karena spesies ini sudah langka keberadaannya dan memerlukan perhatian dari kita semua. Semoga ada perhatian yang lebih serius dari pihak-pihak terkait untuk upaya pelestariannya,” ujarnya.

Program Biodiversity Warriors dinilai telah menjadi sebuah wadah komunikasi yang efektif akan keanekaragaman hayati Indonesia di dunia maya. Diharapkan informasi yang diunggah dalam website dapat membuka mata hati masyarakat luas tentang betapa kayanya keanekaragaman hayati Indonesia.

Rosyid Hakiim selaku Communication Officer Yayasan KEHATI menambahkan bahwa Akhir tahun ini Yayasan KEHATI akan mengajak warriors yang aktif berbagi informasi di www.biodiversitywarriors.org untuk melakukan eksplorasi di daerah yang memiliki keaneakaraman hayati yang unik.

Setiap warrior yang berhasil mengumpulkan nilai 1000 atau lebih akan diseleksi untuk menjadi 10 orang yang terpilih melakukan petualangan bersama Yayasan KEHATI. “Tidak hanya itu saja, mereka juga akan mendapatkan pelatihan sebelumnya agar memiliki bekal yang kuat sebelum menjelajah,” ujarnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *