Bea Cukai Ungkap Narkotika Jenis Baru

BALI | Petugas Bea dan Cukai Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis baru dari jaringan sindikat baru.

bareskrimKepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Ngurah Rai, Budi Harjanto menyatakan, upaya penyelundupan narkotika jenis baru, yakni methylene dioxy pyro valerone(MDPV) yang beratnya mencapai 3,9 kg itu dikirim melalui paket kargo internasional di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.

“Indikasi dari jaringan baru ini terlihat dari asal pelaku penyelendupan narkoba berinisial VL yang berasal dari Lithuania. Jarang ada penyelundupan dari Lithuania,” ujar Budi Harjanto, dalam keterangannya, Selasa (12/8/2014).

Menurut Budi, penyelundupan narkotika jenis baru seberat hampir empat kilogram oleh warga Lithuania itu, dengan membawa narkotika dengan modus ‘false concealment’ atau memalsukan dinding koper untuk menyembunyikan barang terlarang itu.

“Dari pemeriksaan mendalam terhadap koper milik pelaku, petugas menemukan enam bungkusan kristal bening yang merupakan narkotika dengan berat masing-masing mencapai 994 gram, 986 gram dan empat bungkusan dengan berat total 1.982 gram. Total barang bukti yang dibawa oleh pelaku mencapai 3.962 gram atau hampir empat kilogram,” ungkapnya. (inl/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *