Jepang ‘Kuasai’ Investasi Asing di Indonesia

JAKARTA | Investasi Jepang mendominasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia.

bareskrimKepala BKPM, Mahendra Siregar menyebutkan, investasi Jepang di Indonesia merupakan penanaman modal yang sifatnya menengah dan jangka panjang. Karena itu, investasi Jepang tidak bisa dikaitkan dengan perspektif naik turunnya jumlah investasi di tiap tahun.

“Investasi Jepang di Indonesia memang sudah berjangka menengah dan panjang,” kata Mahendra, di kantor Kemenko Bidang Perekonomian Jakarta, Rabu (20/8/2014).

Menurutnya, pengaplikasian investasi Jepang di Indonesia justru seiring perbaikan struktural dalam kegiatan logistik nasional. Apalagi Jepang kerap kali mengeluh mengenai kondisi infrastruktur nasional.

Untuk itu, pihaknya memandang tantangan Indonesia saat ini adalah memperbaiki iklim investasi. Caranya dengan terus mengoptimalkan kegiatan logistik dan infrastruktur.

Mahendra yakin, melalui optimalisasi kegiatan logistik dan infrastruktur maka iklim investasi pun akan berjalan dengan baik ke depan.

Mahendra menambahkan, melalui mekanisme ini pula investasi Jepang diperkirakan akan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Namun ia memprediksi investasi Jepang tak sedrastis yang dibayangkan jika berkaca dari sistem logistik dan infrastruktur saat ini.

“Tetapi juga memang cukup yakin, perkembangan investasi Jepang ke Indonesia akan terus meningkat, tetapi nggak melonjak drastis,” ujar dia. (inl/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *