Kemungkinan Pilkada di Sumut Serentak

MEDAN | Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara mengkaji kemungkinan dilaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak di sejumlah kabupaten/kota.

bareskrimAnggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Benget Manahan Silitonga mengatakan, kemungkinan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak itu dapat dilakukan, jika tidak menggangu periodesasi jabatan kepala daerah.

KPU Sumut akan berkoordinasi dengan komisioner kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada, guna mengkaji kemungkinan mengambil kebijakan sebagaimana dilaksanakan beberapa tahun lalu. “Saya kira, pilkada serentak itu hal yang positif,” katanya.

Berdasarkan aturan, katanya, pilkada secara serentak tersebut dapat dilakukan karena pernah dilaksanakan sehingga kegiatan itu dianggap memiliki landasan yurispredensi.

Namun kemungkinan penyelenggaran secara pilkada di beberapa kabupaten.kota di Sumut tersebut sangat bergantung pada kondisi dan dinamika yang berkembang.

Hal itu disebabkan akhir masa jabatan kepala daerah di Sumut tersebut cukup bervariasi. “Ada yang akhir jabatannya sudah mendekati, tetapi ada juga yang masih jauh,” kata Benget.

Berdasarkan aturan dalam UU 10/2008 tentang Pemilu, disebutkan jika pengajuan anggaran tersebut dikaitkan dengan batas penyelenggaran tahapan yakni lima bulan sebelum berakhir periode kepala daerah. (ants/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *