Unpab dan Polimas Malaysia Jajaki Kerjasama Pemberdayaan Alumni

MEDAN | Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan dan Politeknik Sultan Abdul Halim Muadzam Shah (Polimas) Kedah Malaysia menjajaki kerjsama dalam bidang pemberdayaan alumni.

Polimas MalaysiabareskrimPenjajakan kerjasama itu ditandai dengan kedatangan rombongan Polimas Malaysia ke kampus Unpab, Jalan Gatot Subroto Medan, kemarin. Rombongan yang dipimpin Ketua Ikatan Alumni Polimas Muhammad Nadzrie itu diterima Rektor I Unpab Muhammad Donny Lesmana, SKom, Rektor III Hasrul Azwar Hasibuan, Ketua I Pimpinan Pusat Ikatan Alumni (Ika) Unpab Aswin ST, MSi, Kahumas Unpab Sulardi, dan para staf Unpab.

Dalam pertemuan yang digelar di aula Maktab I kampus PTS itu, Rektor I Unpab Donny Lesmana menjelaskan kepada rombongan Polimas tentang sekilas profil Unpab. Untuk
memfasilitasi mahasiswa dan alumni, kata Dony, Unpab memiliki Biro Student Advisory Center (SAC), sebuah unit kerja yang berfungsi sebagai pusat pembinaan mmahasiswa, dimana di dalamnya terdapat Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK) dan Bursa Khusus Kerja Online (BKKOL).

“PJK dan BKKOL telah berhasil memfasilitasi alumni Unpab ke dunia kerja, baik dengan program-program pembekalan karir, in campus recruitmen maupun walk in terview dari perusahaan-perusahaan mitra PJK Unpab,” kata Dony.

Untuk mempersiapkan alumninya siap berkompetisi, tambah Donny, SAC Unpab juga memiliki program pelatihan pengembangan soft skill, di antaranya pelatihan manajemen diri, pelatihan motivasi berprestasi, pelatihan komunikasi efektif dan pelatihan kepemimpinan serta
program pembekalan karir bagi alumni sebelum diwisuda.

Ketua Ika Unpab Aswin ST MSi kepada wartawan mengatakan, Unpab Polimas siap bekerjasama dalampemberdayaan alumni kedua perguruan tinggi itu.

“Pada intinya, Unpab dan Polimas sepakat bekerjasama dalam pemberdayaan alumni kedua perguruan tinggi ini, di antaranya dalam mencari peluang-peluang bisnis di antara dua negara bertetangga. Kerjasama dengan Polimas ini sangat strategis, karena kita akan memasuki era Masyarakat Ekonomi ASRAN (MEA) yang akan berlaku mulai 2015,” tegas Aswin.

Untuk mengefektifkan kerjasama itu, tambah Aswin, Unpab akan mengintensifkan Biro SAC. “Lewat PJK dan BKKOL kita harapkan semua alumni Unpab bisa berinteraksi sehingga peluang-peluang kerja serta bisnis di Indonesia dan Malaysia bisa dikuasai,” tegas Aswin yang juga dosen Fakultas Teknik Unpab.

Sedangkan pimpinan rombongan Polimas Malaysia Muhammad Nadzrie mengatakan, penjajakan kerjasama dengan Unpab akan ditindaklanjuti dengan penadatanganan nota kesepahaman kerjasama atau MoU di antara kedua belah pihak dalam waktu dekat ini.

“Pada prinsipnya, baik Panca Budi maupun Polimas sepakat menjalin kerjasama dalam pemberdayaan alumni. Setelah kunjungan ini, kita segera persiapkan naskah kerjasama untuk ditandatangani dalam waktu dekat ini,” kata Nadzrie.

Seusai melakukan pertemuan, rombongan Polimas sebanyak 31 orang yang terdiri dari staf, dosen dan alumni meninjau sejumlah unit kerja kampus Unpab, di antaranya Biro SAC yang mengasuh PJK dan Bursa Khusus Kerja Online. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *