Peran Perpustakaan Sekolah Penting bagi Pendidikan

MEDAN | Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kisaran terpilih sebagai Perpustakaan SLTA terbaik Sumatera Utara Tahun 2014, dikuti oleh juara terbaik kedua perpustakaan SMA Negeri 1 Medang Deras, dan juara terbaik tiga SMA Negeri 1 Angkola Barat.

KEPALA BARESKRIM“Saya patut mengapresiasi kepada pihak perpustakaan sekolah dalam memberdayakan perpustakaan sesuai dengan semangat dan tuntutan kurikulum 2013 sehingga memenangkan Lomba Perpustakaan SLTA 2014 se Sumatera Utara,” kata Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Provinsi Sumatera Utara Hasangapan Tambunan SPd MSi, Selasa (9/9/2014), di kantor Jalan Brigjen Katamso Medan.

Menurut Hasangapan, peranan perpustakaan di dalam pendidikan merupakan hal yang amat penting. Hal ini selain untuk membantu terselenggaranya pendidikan dengan baik, juga untuk mendukung siswa dalam mencari sumber dan referensi yang berasal dari buku, sehingga mengoptimalkan potensi mereka sebagai pelajar.

Ditegaskannya, perpustakaan sekolah dikatakan bermanfaat apabila benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses belajar mengajar di sekolah.

“Indikasi manfaat tersebut tidak hanya berupa tinginya prestasi murid-murid, tetapi lebih jauh lagi, antar lain adalah murid-murid mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi. Murid-murid selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan sebagainya,” ungkapnya.

Sebelumnya, penanggungjawab kegiatan Jojor Sitorus Pane S.Sos menyebutkan verifikasi lomba perpustakaan sekolah meliputi lima pengalaman belajar pokok yaitu, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mangasosiasi dan mengkomunikasikan.

“Seluruh peserta yang menjadi nominasi menyampaikan presentasinya di hadapan tim juri di Hotel Madani Medan awal Juli 2014 lalu,” kata Jojor.

Para tim juri yakni Ishak SS MHum, Dwi Ani Tampubolon, dan juga Jojor Sitorus Pane S.Sos MSi akhirnya memutuskan tiga perpustakaan sekolah tersebut menjadi pemenangnya.

Jojor berharap, dengan diadakannya kegiatan lomba tersebut bisa meningkatkan kemajuan di bidang dunia perpustakaan. Disebutkannya, kegiatan lomba-lompa perpustakaan merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan BPAD Sumut setiap tahunnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *