Lantamal I Belawan | Hasil Laut Indonesia Dinikmati Asing

MEDAN | Komandan Pangkalan Utama Pertahanan Laut (Danlantamal) I Belawan, Laksamana Pulung Prambudi menegaskan, sebagian besar hasil laut Indonesia lebih dinikmati negara asing karena sumber pangan dari laut merupakan kebutuhan dunia. Layaknya Indonesia kaya raya dan sejahtera dengan memiliki kekayaan laut.

KEPALA BARESKRIM“Tetapi sayangnya, kita belum dapat memaksimalkan hasil laut maupun mengelola sumber daya laut dengan baik. Itu terbukti dengan masyarakat nelayan yang jauh dari kesejahteraan. Oleh karena itu, mari pemerintah dan nelayan saling bantu,” ajak Prambudi.

Prambudi menyatakan, sejumlah pengusaha perikanan masih memikirkan keuntungan jangka pendek, tanpa memperhatikan sumber daya kelautan di masa mendatang, misalnya dengan menggunakan pola dan alat tangkap yang tidak bersahabat dengan laut.

“Ditambah nelayan yang masih lemah dalam mengetahui batas laut, membuat usaha perikanan belum masksimal seperti apa yang diharapkan. Saya prihatin mendengar informasi masih ada nelayan kita yang ditangkap petugas keamanan negara tetangga karena memasuki laut luar. Ini tentu akibat minimnya pengetahuan dan alat dukung navigasi yang kurang memadai,” sebut Prambudi.

Prambudi menilai, layaknya Indonesia memiliki lembaga khusus yang berperan menjadi pasilitastor yang dapat menghubungkan dua arah antara pemerintah dengan nelayan, terutama dalam upaya membekali keilmuan bagi nelayan. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *