Kejahatan di Ibukota Sumut Kian Mengkhawatirkan

MEDAN | Maraknya tindak kejahatan, seperti perampokan, aksi geng motor, pencurian dan pemerkosaan di Kota Medan sebagai ibukota Provinsi Sumatera Utara, akhir-akhir ini masuk dalam tahap mengkhawatirkan.

Hj. HamidahKEPALA BARESKRIMKondisi ini pun menjadi perhatian serius Fraksi PPP DPRD Medan. Seluruh elemen masyarakat khususnya Pemerintah dan aparat Kepolisian harus berperan sesuai bidangnya.

“Pemko Medan harus menyikapi dengan bijak serta mengambil langkah konkrit. Jika Pemko tidak peduli dikuatirkan kenyamanan kota Medan makin memrpihatinkan,” ujar anggota Fraksi PPP DPRD Medan, Hj Hamidah.

Dikatakannya, Hamidah yang juga Ketua Wanita Persatuan Pembangunan (WPP), berharap Pemko Medan harus melakukan kerjasama dengan polisi dalam upaya mencari solusi. “Seperti melakukan tindakan prepentif dan persuasip,” kata Bendahara DPC PPP Kota Medan ini.

Menurut Hamidah, untuk meminimalisir tindakan kejahatan tersebut sangat dibutuhkan peran seluruh elemen. Seperti, peran orangtua untuk melakukan pembinaan dan ajaran agama terhadap anak sejak dini. Begitu juga pengawasan terhadap tindak tanduk anak dengan upaya pendekatan hubungan antara anak dan orang tua.

Begitu juga dengan pihak kepolisian harus bertindak tegas memberantas sumber tindak kejahatan dimaksud. Serta kepada aparat hukum lainnya supaya benar benar menerapkan sanksi hukum yang berlaku.

Dalam hal ini, Pemko Medan diminta supaya menghidupkan kembali pos siskamling (ronda malam) yang melibatkan Kepling, Lurah, dan tokoh masyarakat, atau membentuk suatu wadah khusus masalah keamanan.

Ditambahkannya, ada beberapa faktor penyebab tindakan kejahatan dimaksud dan tentu harus disikapi dengan serius. Seperti masalah kesenjangan sosial, maraknya peredaran narkoba, minimnya pendidikan agama serta perhatian orang tua terhadap anak.

Apalagi peran media massa dan media internet yang dinilai terlalu bebas menunjukkan foto vulgar. Kondisi demikian memicu tindakan kejahatan yang cukup tinggi. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *