Untuk Kedua Kalinya | LAMPTKES Akreditasi Akbid Indah Medan

MEDAN – Akademi Kebidanan (Akbid) Indah Medan melakukan akreditasi untuk kedua kalinya oleh LAMPTKES (Lembaga Akreditasi Mandiri Penguruan Tinggi Kesehatan) yang sebelumnya bernama BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Akreditasi-Yayasan IndahKEPALA BARESKRIMPembina Yayasan Indah, H Abdul Haris Sy Hasibuan SE yang dikonfirmasi wartawan soal akreditasi tersebut, membenarkannya.

Menurutnya, akreditasi ini dilaksanakan sebagai upaya memenuhi perundang-undangan yang berlaku di tanah air soal perguruan tinggi tenaga kesehatan.

Sebab, katanya, status akreditasi merupakan cermin kinerja perguruan tinggi tenaga kesehatan dan menggambarkan mutu, efisiensi serta relevansi program studi yang diselenggarakan.

Dikatakan, pada tanggal 16 sampai 18 Oktober 2014 lalu, tim asesor LAMPTKES yang terdiri dari Sunesni SSi TMBiomed, Yuseva Sariati SST SE MKeb dan Asri Hidayat SSi TMKeb, mengunjungi Akbid Indah Medan untuk melakukan asesmen lapangan dan verifikasi, validasi serta melengkapi data dan informasi yang disajikan dalam portofolio, serta melakukan penilaian di lapangan.

Kegiatan ini adalah bagian akhir dari penilaian akreditasi Akbid Bandung yang sudah kedua kalinya mengajukan akreditasi (perpanjangan-red). “Dalam hal ini, seluruh civitas akademika dan sejumlah pihak berharap hasil terbaik bisa diraih Akbid Indah,” ujarnya.

Tim Asesor tersebut diterima Ketua Yayasan Indah Medan, dr M Riski Ramadhan Hasibuan SH SE di Kampus Akbid Indah Jalan Jaya II atau Jalan Saudara Ujung Simpang Limun Medan didampingi Direktris Akbid Indah, Hj Eni Yusriani SST MKes, dihadiri para pengurus Yayasan Indah, Staf Pengajar, Pembimbing Lahan Praktik, mahasiswa dan alumni Akbid Indah.

Asesmen lapangan dimulai dengan cara penerimaan yang dilaksanakan di rapat utama Yayasan Indah. Diawali dengan perkenalan sivitas akademi kepada tim asesor. Kemudian peninjauan sarana dan prasarana pendidikan di Kampus Akbid Indah, seperti ruang makan, asrama, perpustakaan, laboratorium dan lainnya diselingi wawancara dengan dosen dan staf akademik.

Selanjutnya, Tim Asesor LAMPTKES tersebut melakukan wawancara dengan pembimbing lahan praktik, mahasiswa dan alumni Akbid Indah serta wawancara dengan Direktris, Pembantu Direktris, unit SPMI dan tenaga kependidikan.

Selain itu, pemeriksaan dokumentasi sebagai bukti fisik dari barang akreditasi yang dikirimkan Akbid Indah ke LAMPTKES. Pengelola Akbid Indah secara bergiliran menyampaikan bukti fisik kegiatan penyelenggaraan pendidikan kepada tim asesor dan dilakukan verifikasi secara terperinci pada setiap item dokumentasi oleh tim asesor LAMPTKES.

Ketua Yayasan Indah Medan, dr M Riski Ramadhan Hasibuan SH SE menyampaikan ungkapan syukur atas berakhirnya kegiatan asesmen lapangan Tim Asesor LAMPTKES.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada tim asesor yang melaksanakan kegiatannya dengan baik. Terima kash dan penghargaan setinggi-tingginya juga saya sampaikan kepada segenap dosen, karyawan dan civitas akademika sehingga proses asesmen lapangan ini berjalan dengan baik. Semoga Akbid Indah mendapatkan hasil sesuai dengan kita harapkan,” ujar Riski, Selasa (21/10/2014).

Menjawab pertanyaan wartawan, Riski Ramadhan tidak menampik bahwa institusi tenaga kesehatan lainnya di Yayasan Indah Medan, yakni Akademi Farmasi (Akfar) Indah, sebelumnya telah diakreditasi dengan nilai B.

“Sedang Akademi Keperawatan (Akper) Indah, Insya Allah akan diakreditasi pada minggu pertama bulan November 2014 mendatang,” kata Riski Ramadhan. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *