Urus Surat Kematian & Ahli Waris di Sidorame Barat I Ditarifkan Rp 750 Ribu

MEDAN | Warga Kelurahan Sidorame Barat I Kecamatan Medan Perjuang terkejut ketika mengurus surat keterangan kematian orangtuanya serta surat ahli waris di kantor kelurahan. Mengapa tidak, biaya pengurusan surat-surat tersebut ditarifkan Rp 750 ribu oleh staf Lurah Sidorame Barat I.

sidorame baratKEPALA BARESKRIM“Terkejut kami ketika mendengar biaya untuk pengurusan surat kematian dan ahli waris diminta Rp 750 ribu oleh staf lurah,” kata Apriletta Tambunan bersama adiknya Haslan M Tambunan kepada wartawan, Kamis (20/11/2014).

Staf Lurah Sidorame Barat I yang bernama Putri itu kepada Apriletta Tambunan mengalaskan, biaya sebesar itu tidak hanya untuk ‘kepentingan’ pihak kelurahan, juga untuk kepengurusan surat di Kecamatan Medan Perjuangan.

“Dalam hati terkejut mendengar biaya untuk mengurus surat kematian ayah saya (Alm Asmadi Tambunan). Sungguh kelewatan kali sikap kelurahan, bukannya meringankan beban malah makin memberatkan pihak keluarga yang sedang berduka,” ujar ibu tiga anak ini.

Menurut Leta, biaya sebesar itu bisa ‘dinegokan’ ke Lurah. “Menghadap saja ke Lurah, mungkin bisa kurang,” tutur Leta menirukan cakap Putri.

Leta menyebutkan, dirinya sejak pagi jam 9.30 WIB ke Kantor Lurah. Tunggu ditunggu hingga pukul 15.00 WIB, tak juga masuk Lurah Sidorame Barat I yang diketahui bernama Muhammad Iqbal. “Gimana mau selesai urusan ini, Lurah-nya saja tak ada di tempat,” ujarnya seraya menambahkan, sudah berkali-kali berkunjung ke Kantor Lurah, stafnya hanya bisa mengatakan tunggu saja Lurah datang.

Dikatakan Leta, ayahnya tinggal di Asrama Kowilhan Jalan Sejati Kelurahan Sidorame Barat I Kecamatan Medan Perjuangan meninggalkan satu orang istri dan 9 anak serta 18 cucu.

Ketika wartawan mempertanyakan keberadaan Lurah Sidorame Barat I, staf Kelurahan mengatakan, beliau lagi ada kegiatan. Ketika diminta nomor handphone Lurah untuk dikonfirmasi, seakan-akan stafnya tidak ingin memberikannya.

Camat Medan Perjuangan, Rahmad Harahap ketika dikonfirmasi wartawan via SMS, seputar kinerja Lurah Sidorame Barat I serta keluhan warga Sidorame Barat I atas biaya kepengurus surat kematian dan ahli waris, membalas ‘Nanti saya confirmasi beliau pak, saya ingatkan beliau untuk lebih baik, terimakasih dan mohon maaf’. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *