PNS di Era Jokowi Diminta Hidup Sederhana

JAKARTA | Surat Edaran (SE) No 13 Tahun 2014 tentang Gerakan Hidup Sederhana yang dikeluarkan Menteri Pendayagunaann Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi dinilai sebagai bentuk ketidakpercayaan pemerintah kepada pegawai negeri sipil (PNS).

KEPALA BARESKRIMAktivis antikorupsi, Uchok Sky Khadafi mengatakan, surat tersebut hanya sebuah ketidakpercayaan pada PNS sehingga mereka dipaksa untuk patuh dan taat seperti robot.

“Yang jelas, pemerintahan Jokowi bukan untuk mendorong PNS hidup sederhana (bukan begini caranya), tapi hanya untuk mengendalikan PNS,” katanya di Jakarta, Rabu (3/12/2014).

Ia menjelaskan, karena pemerintah tahu awal dari terbongkarnya korupsi dimulai dari kesalahan administrasi yang kemudian dipublikasi lalu pengakuan PNS di sidang-sidang pengadilan.

“Jadi, publikasi surat ini hanya ketakutan pemerintah terbongkar untuk melakukan korupsi sehingga PNS dikendalikan dulu,” ujarnya.

Sebelumnya, seorang PNS di Kementerian Sekretariat Negera bernama Arief Syaiful, mengirimkan surat terbuka berupa protes terkait SE itu kepada Menpan RB. Melalui akun facebook Arief Syaiful, dia menuliskan kritik terbuka kepada Menpan RB tersebut. (inl/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *