Hormati Proses Hukum Hasban Ritonga

MEDAN | Ketua PW Angkatan Muda Ka’bah (AMK) Sumut, Aswan Jaya SH MIkomi menegaskan, semua pihak harus menghormati proses hukum yang sedang berjalan terhadap Sekdaprovsu H Hasban Ritonga SH serta Staf Ahli Khairul Anwar di Pengadilan Negeri (PN) Medan.

KEPALA BARESKRIM“Biarkan hakim yang memutuskan sesuai dengan kewenangannya terhadap kasus hukum ini, kita sebagai masyarakat tidak boleh melakukan intervensi dan pihak Hakim juga tidak boleh terintervensi,” kata Aswan kepada wartawan, (18/1/2015), di Medan.

Aswan menegaskan, persoalan hukum yang menimpa Sekdaprovsu Sumut H Asban Ritonga harus segera dituntaskan secepatnya sehingga tidak akan ada lagi polemik terkait status hukum yang menimpanya saat ini sehingga di tengah-tengah masyarakat tidak timbul polemik.

“Saya berharap proses hukum ini berjalan dengan sesuai dengan prosedurnya sehingga ada kepastian hukum yang tetap sehingga tidak ada polemik hukum yang bisa membuat kontroversi di tengah-tengah masyarakat,” ujar Aswan kembali.

Hak Preogratif Gubsu

Ketika ditanya soal pelantikan Hasban sebagai Sekdaprovsu ditengah proses hukum yang dihadapinya saat ini, Aswan menjelaskan, itu merupakan hak preogratif Gubsu yang tidak bisa dinapikan.

“Setiap kepala daerah Gubsu,Bupati dan Walikota itu diberikan hak untuk mengangkat para stafnya termasuk Sekda. Saya yakin Gubsu sudah memiliki pertimbangan sendiri ketika melantik Hasban Ritonga sebagai Sekdaprovsu tersebut,” ujar Aswan.

Aswan juga mengungkapkan, semua tidak boleh mencampur adukkan persoalan politik dengan persolan hukum sebab antara politik dan hukum sudah ada jalurnya masing-masing.

“Termasuk persoalan hukum yang menimpa H Hasban Ritonga saat ini yang sudah masuk ke ranah hukum dan harus kita hormati sampai proses hukum ini sudah memiliki keputusan hukum yang tetap atau inkrah,” ucap Aswan. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *