Kopertis Diubah Jadi Lembaga Layanan Dikti Sumut

MEDAN | Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah I Sumut akan diubah menjadi lembaga layanan pendidikan tinggi (L2 Dikti) Sumut. Lem­baga tersebut bukan saja melayani perguruan tinggi swasta (PTS) tapi juga perguruan tinggi negeri (PTN).

KEPALA BARESKRIM“Perubahan nama tersebut sesuai ke­bijakan dari Kemen­terian Ristek Dikti yang tertuang dalam UU no 12 tahun 2012 tentang pendidikan tidak ada istilah Ko­pertis, tetapi L2 Dikti,” kata Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto di kantornya Jalan Setia Budi Medan, kemarin.

Disebutkannya, perubahan tersebut dilakukan untuk menghilangkan dikotomi pengelolaan pendidikan negeri dengan swasta. Dengan demikian keberadaan L2 Dikti bertujuan agar kualitas pendidikan tinggi meraih hasil yang lebih baik lagi untuk tercapainya sumber daya saing bangsa Indonesia.

Menurut Dian, jika selama ini Kopertis berperan dan bertugas sebagai pengawas, pengendali dan pembina (wasdalbin) bagi PTS di lingkungan wilayahnya, maka dengan L2 Dikti juga akan melayani PTN.

“Pada L2 Dikti Sumut, nan­tinya akan berkoordinsi dengan PTN seperti Universitas Sumatera Utara dan Universitas Negeri Medan,” ujar Dian seraya me­ngaku be­lum mengetahui sebutan untuk pejabat yang dipercaya sebagai pimpinan menangani lembaga tersebut.

Diakui Dian, sampai saat ini belum ada petunjuk tentang organisasi tata kerja (OTK) L2 Dikti. Sebab lembaga itu direncanakan diberlakukan Juni 2015 mendatang. Jadi saat masih bertindak sebagai wasdalbin bagi PTS Sumut.

Menurut Dian, hingga saat ini pihaknya juga be­lum ada menerima surat dari Menristekdikti tentang pembubaran Kopertis terkait de­ngan akan diubahnya men­jadi L2 Dikti.

Dengan akan diubahnya Ko­pertis menjadi L2 Dikti, Dian ber­harap agar PTS segera memperbaiki dan meningkatkan PTS supaya sehat dengan memenuhi ketentuan dan peraturan perundang-undangan. (ucup/B)

Satu tanggapan untuk “Kopertis Diubah Jadi Lembaga Layanan Dikti Sumut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *