UMA Jadi PTS Sehat di Sumut

MEDAN | Universitas Medan Area (UMA) ditetapkan menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sehat di Sumatera Utara (Sumut). Pencapaian dilihat dari seluruh persyaratan yang telah dipenuhi UMA dan telah melaksanakan fungsi tri dharma perguruan tinggi selama 32 tahun.

KEPALA BARESKRIM“Dalam rentang waktu lebih dari seperempat abad, alhamdulillah UMA semakin meningkatkan peran pengabdiannya di dunia pendidikan tinggi. Pengembangan UMA ke depan, tetap berorientasi pada pemerataan dan perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing serta penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik,” kata Rektor UMA Prof Dr H A Ya’kub Matondang MA, kemarin.

Disebutkan Ya’kub, 476 wisudawan dan wisudawati itu terdiri dari lulusan strata 1 (S1) berjumlah 405 orang berasal dari tujuh fakultas yaitu, teknik, pertanian, ekonomi, hukum, ilmu sosial politik, psikologi dan biologi.

Sementara lulusan strata 2 (S2) berjumlah 71 orang yakni sebagai alumni program studi magister administrasi publik, magister agribisnis, magister ilmu hukum dan magister psikologi. “Dengan demikian, sampai saat ini UMA telah memiliki alumni sebanyak 21.596 orang,” ujar Ya’kub.

Pendidikan pada dasarnya, lanjut Ya’kub, adalah usaha untuk mencerdaskan dan menjadikan insan yang kompetitif serta relevan bagi kebutuhan masyarakat global. Untuk itu, Ya’kub menyebutkan, para wisudawan yang telah dibekali dengan kompetensi utama yang terdiri
atas tiga komponen, yang terintegritas yaitu, kelilmuan, kepribadian dan kewirausahaan.

“UMA di tahun 2014 dipercaya untuk melakukan 22 penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atas biaya Dikti. Hibah penelitian strategis nasional, hibah penelitian fundamental, hibah penelitian disertasi doktor dan hibah pengabdian kepada masyarakat (PPM) IbM dari
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” paparnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim Drs HM Erwin Siregar MBA menegaskan pihaknya selaku penyelenggara UMA, sangat mendukung program universitas dan fakultas untuk melaksanakan percepatan peningkatan mutu pendidikan, melalui peningkatan akreditasi.

Akreditasi saat ini rata – rata bernilai B dan akan dipersiapkan dua tahunke depan akan mendapat akreditasi A, melalui pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal yang disebut SPMI dan manejemen mutu standar internasional dengan sebutan ISO 9001 : 2008.

Erwin Siregar juga mengatakan pengurus yayasan bekerja sama dengan jajaran UMA akanberupaya secara terus menerus bekerja keras,agar mampu menjadikan alumni sebagai generasi bangsa yang inovatif dan berakhlak.

Sementara Koordinator Kopertis Wil I Sumut-NAD Prof Dr Dian Armanto mengatakan, UMA merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang saat ini, sedang berkembang pesat dan memiliki manajemen yang mapan. “Sehingga, mahasiswa yang belajar di UMA merasa nyaman. Hal seperti inilah yang sangat kita harapkan,” ujarnya.

Disebutkan, UMA merupakan contoh sebuah universitas yang orientasinya pada perkembangan sumber daya manusia, baik terhadap mahasiswanya maupun dosennya.

Bahkan, lanjut Dian, pengelola PTS telah memberikan pendidikan karakter dan menciptakan budaya akademik yang sehat di lingkungan kampus. “Kegiatan ini merupakan aspek yang membantu universitas
menjadi lebih baik dan berkualitas,” katanya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *