Wagub Sumut Ajak Investor India Tamankan Investasi

MEDAN | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengajak investor dan pelaku usaha asal India untuk menanamkan investasinya di Sumut.

Pembukaan Festival of IndiaKEPALA BARESKRIMSalah satu kawasan industri strategis yang sangat menjanjikan adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke di Kabupaten Simalungun.

Ajakan tersebut disampaikan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi saat menghadiri pembukaan Festival of India yang berlangsung di Hotel Grand Angkasa, Jl Perintis Kemerdekaan Medan, Selasa (3/2/2015).

Hadir dalam acara itu Duta Besar untuk Indonesia Mr Shri Gurjit Singh dan isteri, Konjen India Mr Basir Ahmed, sejumlah Konsulat Jenderal (Konjen) negara sahabat, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sumut dan Kota Medan, pimpinan dan Kepala Badan Umum Milik Negara (BUMN), pimpinan Badan Umum Milik Daerah (BUMD), tokoh masyarakat India di Medan, sejumlah Rektor Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta dan para undangan lainnya.

Erry menyatakan, KEK Sei Mangke kini menggeliat karena sangat strategis sebagai kawasan industry, terutama industri olahan kelapa sawit dan turunannya.

Selain itu, KEK Sei Mangke juga memiliki akses pendukung seperti jarak yang relatif dekat dengan Pelabuhan Kualatanjung di Kabupaten Batubara.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara membuka diri bagi investor India yang ingin menanamkan investasinya membangun bisnis di KEK Sei Mangke,” ajak Erry.

Sumut juga memiliki potensi lain yakni pariwisata, perkebunan dan berbagai sector lainnya.

“Kebersamaan selama ini harus memberikan manfaat ganda bagi Sumut dan India. Tidak hanya hubungan persaudaraa, tetapi juga hubungan ekonomi yang saling menguntungkan,” sebut Erry.

Erry beri apresiasinya karena memilih Kota Medan sebagai lokasi penyelenggaraan Fesitival of India tahun 2015. Festival tersebut diharapakan dapat mengeratkan hubungan antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dengan India yang terjalin harmonis selama ini.

Apresiasi tersebut dikemukan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi saat menghadiri pembukaan Festival of India yang berlangsung di Hotel Grand Angkasa, Jl Perintis Kemerdekaan Medan, Selasa (3/2/2015).

Sumut tersanjung dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan Festival og India tahun 2015, meski belasan kota lain di Indonesia juga sangat potensial.

“Semoga festival ini semakin mengeratkan hubungan baik antara Sumut dengan India, baik hubungan ekonomi, perdagangan, kerjasama industri dan budaya,” harap Erry.

Erry menjelaskan, Indonesia dan India tidak hanya memiliki kesamaan dari segi geografis, namun juga memiliki kesamaan budaya, pertumbuhan populasi penduduk dan masyarakat yang pluralistik.

“Hubuangan selama ini dilandasi historis dan semangat persaudaraan antara Indonesia dan India sejak lama. Untuk Kota Medan, itu dapat terlihat dari keberadaan Kampung Madras di kawasn Jl. Zainul Arifin Medan. Ini salah satu bukti bahwa masyarakat India diterima dilingkungan masyarakat,” ujar Erry.

Sementara Duta Besar India untuk Indonesia Mr Shri Gurjit Singh mengatakan, India dan Indonesia merupakan negara termuda di dunia dengan populasi muda, masyarakat pluralistic.

“Pelaksanaan demokrasi di Indonesia dan India memiliki kesamaan. Semoga Indonesia dan India semakin maju dalam ekonomi dan pembangunan,” harap Gurjit.

Gurjit juga mengundang perwakilan Indonesia untuk menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun India ke 40 mendatang.

Festival of India di Hotel Grand Angkasa Medan dimeriahkan penampilan berbagai kesenian India, seminar, promosi Mall, pemutaran film dokumenter India dan lain sebagainya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *