Keluarga Polri Diharapkan Jadi Pengayom Masyarakat

MEDAN | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berharap Keluarga Besar Putera Puteri Polri (KBPPP) menjadi pengayom ditengah lingkungan masyarakat.

Pelantikan KBPPP SumutKEPALA BARESKRIM“Peran tersebut sangat strategis karena KBPPP memiliki disiplin, sifat tegas dan memahami penegakan hukum,” harap Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi.

Erry menegaskan, keamanan dan kondusifitas negara dibangun dari lingkungan masyarakat, mulai tingkat lorong, kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga menguat ketingkat nasional.

“Keamanan suatu negara dibangun dari tingkat yang lebih kecil yaitu lingkungan tempat tinggal masing-masing masyarakat. Jika keamanan kuat ditingkat lingkungan rumah, maka akan menguat juga keamanan ditingkat kelurahan. Begitu selanjutnya,” ujar Erry.

Putera puteri Polri, ujar Erry, sejak kecil telah dididik tegas dan disiplin dari orangtua yang mengabdikan diri pada negara. Selain itu, keluarg besar Polri juga dibekali dengan sifat rendah hati dan suka menolong.

“Ini menimbulkan sikap bijak. Oleh karena itu, keluarga BKPPP harus menjadi tauladan dan contoh yang baik dilingkungan masyarakat. Jangan sampai keluarga Polri menggunakan hukum untuk kepentingan pribadi,” harap Erry.

Erry juga berharap, PD KBPPP Sumut melakukan terobosan dengan menggelar kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama menyelamatkan putera puteri Polri dari ancaman narkoba dan zat adiktif lainnya.

“Sejumlah putera puteri Polri masih ada yang pengangguran. Kondisi ini tidak bisa kita biarkan terus terjadi. PD KBPPP harus berfikir keras untuk memberkali anak keluarga besar Polri dengan berbagai keahlian agar mampu bersaing di era globalisasi dan pasar ekonomi bebas saat ini. Jika tidak, generasi muda akan tergilas,” papar Erry.

Salah satu upaya yang memungkinkan ditempuh adalah dengan menciptakan kegiatan padat karya yang dapat mendorong putera puteri Polri untuk berproduksi.

“Mari kita kembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Bagi putera puteri Polri yang tidak lagi mengecap bangku sekolah, dapat terlibat dalam bidang usaha yang positif. Misalnya home industry atau lain sebagainya,” jelas Erry.

Tidak lupa Erry mengajak PD KBPPP Sumut untuk terlibat aktif dalam mendorong pembangunan Sumut demi merealisasikan cita-cita luhur yakni masyarakat sejahtera dan berdaya saing.

“Seluruh komponen masyarakat harus terlibat aktif dalam mendorong laju pembangunan dan ekonomi Sumut. Kita punya tanggungjawab yang sama membawa Indonesia ke masa jaya di usia 1 abad mendatang,” ajak Erry.

Sementara Ketua Umum Pimpinan Pusat KBPPP Polri Age Nanda Djatmika berharap PD KBPPP Sumut menjaga kekompakan serta memupuk persatuan dan kesatuan. Tidak lupa berkoordinasi dengan berbagai organisasi lain, termasuk Forum Komunikasi Putera Puteri Purnawirawan Indonesia (FKPPI).

“FKPPI merupakan bagian keluarga besar KBPPP. Selama FKKPPI masih mengenakan Tribrata di lengan kirinya, maka selama itu kita masih bersama-sama menyatukan barisan menjaga keutuhan NKRI. Begitu juga dengan organisasi lainnya yang memiliki visi misi yang sama yakni menjaga keutuhan Indonesia,”t egas Age.

Age juga mengingatkan PD KBPPP Sumut untuk terus berkoordinasi dalam menjalankan program kerjanya dengan Kapolda Sumut selaku Pembina KBPPP.

“Kami juga berharap, Kapolda Sumut untuk meluangkan waktu memberikan pembinaan kepada anggota KBPPP Sumut. Tujuannya agar anggota PD KBPPP Sumut dapat melakukan tugas dan fungsinya secara maksimal,” hara Age.

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs H Eko Hadi Sutedjo SH Msi menegaskan, PD KBPPP Sumut harus tegas dalam menjalankan program kerja, berani dan bertanggungjawab. Selain itu, PD KBPPP Sumut juga harus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masing-masing anggota agar dapat menelurkan hasil kerja yang membanggakan.

“KBPPP memiliki tanggungjawab besar dalam membawa bangsa dan negara kearah yang lebih baik. Keberadaan KBPPP harus diperhitungkan kawan maupun lawan. Karena itu, SDM anggota harus ditingkatkan setiap waktu,” saran Eko.

KBPPP harus memberikan kontribusi mendorong pembangunan di daerahnya. Tidak hanya menjaga kondusifitas dan keamanan, tetapi lebih dari itu, KBPPP harus berani tampil di depan untuk menegakkan kebenaran.

“Tetapi perlu diingat, kebenaran itu harus memberikan rasa keadilan kepada masyarakat. Jika masyarakat mendapat rasa keadilan, maka akan tercipta suasana kebersamaan. Kebersamaan merupakan tonggak utama kekuatan,” tegas Eko.

Ketua PD KBPPP Sumut terpilih periode 2014-2018, Syaiful Syafri berkomitmen akan membawa KBPPP Sumut kearah yang lebih baik. Selain itu, Syaiful juga berharap dalam kepemimpinannya dapat meningkatkan peran dan kualitas organisasi. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *