Gubsu Minta IKAHIMATIKA Bangun Kultur Kematematikaan

MEDAN | Gubsu Gatot Pujo Nugroho mengharapkan, peran Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (Ikahimatika) senantiasa mengembangkan wawasan mahasiswa dan membangun kultur tentang kematematikaan khususnya di Sumatera Utara.

KEPALA BARESKRIMHal itu diungkapkan Gubsu dalam sambutannya dibacakan Kasi SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Sagino MPd ketika membuka Musyawarah Tahunan Wilayah I (Mustawil) Ikahimatika yang diadakan jurusan matematika FKIP UMSU selama dua hari di auditorium Jl Muktar Basri Medan, kemarin.

Hadir dikesempatan itu Walikota Medan diwakili Kepala Badan Litbang Pemko Medan Drs Hasan Basri MM, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UMSU Dr H M Arifin Gultom SH, MHum, Ketua Jurusan Matematika Hendra dan seluruh pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika FKIP UMSU.

Seperti diketahui, usaha Ikahimatika sesuai AD/ART sangat mulia, diantaranya menyelenggarakan forum pertemuan untuk menelaah, membahas masalah yang dihadapi dalam usaha pengembangan matematika, mengaplikasikan bidang matematika sejalan dengan kemajuan ilmu yang ada untuk masyarakat dan membina hubungan kerjasama yang erat dengan organisasi sejenis, lembaga dan instansi pemerintah maupun swasta.

Pemprovsu, katanya, menempatkan posisi mahasiswa penting dan strategis sebagai mitra pemerintah dalam memperjuangkan cita-cita pembangunan.

Untuk itu, UMSU sangat diharapkan dapat mendukung pembangunan yang lebih baik di Sumut.

“Kita berharap UMSU mampu menunjukkan karya terbaik khususnya di bidang matematika, sehingga mampu mengemban misi dan pengabdian serta menorehkan nama baik UMSU di hati masyarakat,” tambahnya.

Selain itu diharapkan sinergi dengan Pemprovsu melaksanakan program kerja sesuai visi dan misi Sumatera Utara. Sehingga organisasi ini tetap eksis dan memberikan manfaat untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Wakil Rektor III UMSU, Arifin Gultom menambahkan, ilmu matematika tidak berdiri sendiri tapi membutuhkan hubungan dan interaksi dengan ilmu lainnya seperti ilmu politik, sosial, ekonomi dan lainnya.

“Ilmu saling membutuhkan satu dengan yang lainnya, sehingga mahasiswa tidak boleh angkuh menyatakan ilmunya yang paling utama,” ujarnya.

Ia mengharapkan, kegiatan ini dapat menambah wawasan khususnya mahasiswa bidang ilmu matematika. Ilmu adalah universal dan saling berkaitan erat dan memiliki fungsi dan perannya masing-masing.

“UMSU memberikan apresiasi yang tinggi kepada HMJ Matematika yang memprakarsai kegiatan Mustawil sekaligus dirangkai seminar nasional,” jelasnya.

Sementara Dekan FKIP Elfrianto Nasution SPd, MPd menyambut baik dan mendukung berbagai program dan kegiatan yang diadakan mahasiswa, khususnya bagi HMJ matematika yang telah berkontribusi melaksanakan Mustawil I dengan mengundang peserta dari 5 provinsi lain untuk datang ke UMSU.

FKIP UMSU senantiasa memfasilitasi kegiatan kemahasiswaan yang berorientasi pada kemajuan dan pengembangan akademik dan non akademik. Seperti kegiatan ini mempunyai nilai positif dan bisa menumbuhkan semangat berorganisasi mahasiswa untuk dapat saling berhubungan dengan mahasiswa dari berbagai kampus lainnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *