Polda Sumut Grebek Gudang Gas Oplosan

MEDAN | Petugas Subdit I/Industri dan Perdagangan (Indag) Ditreskrimsus Poldasu menggrebek gudang penyulingan gas yang berada di Perumahan Griya Marelan III Jalan Speksi Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan, Senin (9/3/2015).

KEPALA BARESKRIMDalam penggrebekan yang melibatkan Provost Bid Propam Poldasu, Brimob beserta Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL), berhasil mengamankan 6 orang pekerja dan ratusan tabung gas ukuran 3-12 Kilogram.

Direktur Ditreskrimsus Poldasu Kombes Pol Ahmad Haydar melalui Kasubdit I/Indag AKBP Fredo Situmorang yang ikut memimpin penggrebekan tersebut mengatakan, berdasarkan adanya informasi dari masyarakat gudang tersebut dilakukan penyulingan dari tabung gas 3 kilogram yang dipindahkan ke tabung gas ukuran 12 kilogram.

Lanjut perwira berpangkat dua melati emas ini, saat ini pihaknya telah mengamankan enam orang pekerja dan saat ini masih dimintai keterangannya oleh pihak penyidik.

“Sudah kita amankan enam orang, dan saat ini masih kita periksa,” ujarnya,

Saat wartawan menanyakan berapa lama gudang tersebut telah beroperasi, lantas Fredo mengaku masih melakukan pendalaman dan memeriksa para pekerja atau ‘dokter’ tabung gas.

“Kita masih melakukan penindakan, dan belum melakukan pendalaman, jadi kita belum tahu berapa lama gudang ini telah beroperasi. Selain itu gudang ini juga digerebek karena masyarakat resah dan khawatir oleh penyalahgunaan tabung gas yang dapat meledak seketika jika tidak dikelola dengan baik,” pungkasnya.

Pantauan wartawan, di gudang yang memiliki pintu gerbang yang cukup besar tersebut, awalnya berisi ribuan tabung gas dan pihak kepolisian sudah melakukan penyelidikan.

Namun anehnya, saat dilakukan penggerebekan dan diduga sudah ‘bocor’ membuat pihak kepolisian hanya berhasil mengamankan ratusan tabung gas saja.

Informasi yang diterima wartawan lainnya sebelum penggerebekan berlangsung ada dua truk besar pengangkut tabung gas memang berada di dalam gudang tersebut. Diduga tabung gas tersebut diangkut truk tersebut dan disembunyikan di tempat yang lainnya.

“Tadi ada ribuan tabung gas disini, ada juga beberapa mobil truk, mungkin sudah dibawa mobil itu ke tempat penyimpanan yang lain,” ujar warga.

Dalam penggrebekan tersebut, puluhan polisi dari kesatuan Brimob terlihat mengangkut tabung gas untuk dimasukkan ke dalam mobil pickup dan beberapa mobil yang disediakan pihak kepolisian. Rencananya tabung gas tersebut akan dibawa ke Mapoldasu untuk dijadikan barang bukti.

Sementara Direktur Ditreskrimsus Poldasu Kombes Pol Ahmad Haydar yang ditemui wartawan di gedung Ditreskrimsus, Senin (9/3/2015), membenarkan pihaknya ada melakukan penggrebekan gudang tersebut yang melakukan penyulingan dari tabung gas 3 Kilogram yang dipindahkan ke tabung gas ukuran 12 kilogram. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *