4 Calon Rektor Unimed Besok ‘Disaring’

MEDAN | Proses penjaringan calon Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) periode 2015-2019 telah ditutup. Dari hasil penjaringan, tercatat hanya 4 orang calon Rektor Unimed yang memenuhi kualifikasi yaitu Prof Selamet Triono MSc PhD, Prof Dr Syawal Gultom MPd, Prof Dr Abdul Hamid K MPd dan Prof Dr Ibnu Hajar MSi.

Calon Rektor UnimedKEPALA BARESKRIMDengan ditutupnya pendaftaran dan penjaringan calon Rektor Unimed tersebut, besok Jumat (13/3/2015), di Ruang Sidang A Biro Rektor Unimed, akan dilakukan penyaringan calon rektor serta penyampaikan visi dan misi yang akan disampaikan oleh keempat calon rektor tersebut yakni Prof Selamet Triono MSc PhD, Prof Dr Syawal Gultom MPd, Prof Dr Abdul Hamid K MPd dan Prof Dr Ibnu Hajar MSi. Dihadapan 76 anggota senat yang terdiri dari guru besar, dekan, pembantu rektor, ketua lembaga/LPM, ketua penelitian, ketua fakultas serta 2 utusan dari fakultas yang bukan guru besar.

“Besok, kita akan melakukan mekanisme penyaringan calon Rektor Unimed dari 4 calon menjadi 3 calon, yang hasilnya akan dikirimkan ke Jakarta untuk diproses,” kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unimed, Drs Chairul Azmi MPd didampingi Sekretaris Prof Motlan MSc PhD dan anggota Prof Dr Sumarsih MPd, Ka Humas Muhammad Surip SPd MSi, Kamis (12/3/2015), di Biro Rektor.

Disebutkan Chairul Azmi yang juga menjabat sebagai Pembantu Rektor (PR) II Unimed, sesuai dengan mekanisme pemilihan Rektor berdasarkan Permendiknas No 24/2010, ada 4 tahap yang akan dilakukan, diantaranya penjaringan, penyaringan, pemilihan dan pengangkatan.

“Proses penjaringan sudah dilewati, hasilnya 4 orang yang mendaftar. Selanjutnya, kita akan melakukan proses penyaringan yang akan dilaksanakan besok,” ujarnya.

Dalam pemilihan calon Rektor ini, berdasarkan Permendiknas No 24/2010, yang sangat menentukan suara adalah para Senat. “Jumlah suara yang diberikan senat sangat menentukan pemilihan Rektor ini. Di mana 65% suara berdasarkan senat dan 35% merupakan dari Menteri,” ujarnya.

Sementara untuk pemilihan rektor akan dilaksanakan pada tanggal 14 April 2015. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *