Inilah Travel Perjalanan Umrah yang Kantongi Izin di Sumut

MEDAN | Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sumatera Utara (Kakanwil Kemenagsu), Drs H Tohar Bayoangin MAg mengimbau masyarakat yang berniat melaksanakan ibadah Umroh, agar hati-hati dan teliti dalam memilih Travel Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), karena jika salah memilih akan dapat merugikan calon jemaah umrah itu sendiri.

KEPALA BARESKRIMKasus seperti ini, kata Kakanwil, sering terjadi dan bahkan saat ini ada ratusan calon jemaah umrah gagal berangkat ketanah suci Makkah karena penyelenggara tidak bisa memberangkatkan mereka ketanah suci dengan berbagai alasan.

Didampingi didampingi Kabid Haji dan Umroh H Hasful Huznain SH, Kabag TU Drs H Ahmad Hanfi, Kasi Pembinaan Haji dan Umroh dan Kasubbag Humas Purba Pohan, Kemenag Sumut menambahkan, berdasarkan data di Kantor Kementeran Agama Propinsi Sumatera, sampai saat ini hanya ada tujuh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang mengantongi izin.

Adalah PT Erni Tour Jl Brigjen Katamso, PT Glora Indah Lestari, Jl Dr Mansyur, PT Al Muchhtar Tour &Travel Jl SM Raja Mdan, PT Rahmadina Tour &Travel Jl Komp Perumahan Gran SM Raja, PT Grand Darussalam Jl Darussalam, PT Narasindo Mitra Prima Jl Ir Juanda Baru dan PT Siar Harmain Internasional Jl SM Raja Medan.

Sedangkan PPIU penunjukan dari Jakarta dan sudah melapor ke Kanwil Kemangsu ada 7 masing-masing PT Rasjid Tour Internasional, PT Mahkota Bumi Barokah Tour & Travel, PT Armina Reka Perdana, PT Panghegar Putra Sapta Wisata, PT Holyiland Abadi, PT Syafila Eraldo dan Grand Fuady Mubarok.

Menurut Kakanwil Kemenagsu, diluar dari 14 nama tersebut diatas sesuai ketentuan tidak boleh memberangkat Umrah karena tidak ada izin dan Kemenagsu hanya bisa mengawasi 14 PPIU tersebut diatas dan menindak jika terjadi kesalahan dalam Penyelenggaraan Perjalan Ibadah Umrah.

Sementara itu, Travel PPIU penyelenggara perjalanan ibadah umrah yang izinnya masih dalam proses di Direktorat PHU Kemenag RI ada 9 Travel yaitu PT Annajwa Islamic Tou &Travel, PT Grand Hijrah Haramain, PTPesona Makkah, PT Cemara Masa Abadi, PT Jabal Tursina, PT Johan Mukni Rokan, PT Anugrah Utama Makbul, PT Darul Umrah Alharamain dan PT Zam Zam Prima Husada Tour &Travel.

Menyikapi persoalan ratusan calon jemaah umroh yang gagal berngkat, hari ini (Jumat (20/3), Kanwil Kemenagsu akan mengundang travel Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah yang ada di Medan ke Kanwil Kemenagsu. ”Jumat, akan kita undang PPIU yang ada di Medan ke Kanwil” kata Kanwil. (man/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *