Republic Seychelles Komit Kenalkan Nias ke Dunia Internasional

GUNUNG SITOLI | Dubes Republic Seychelles untuk ASEAN, Nico Barito mengatakan, pihaknya telah merangkul sejumlah pihak untuk membangun Kepulauan Nias menjadi destinasi wisata internasional.

KEPALA BARESKRIMSalah satunya dengan melibatkan delegasi perwakilan Kepulauan Nias dalam Carnival International Victoria Seychelles yang akan diikuti 80 negara dalam waktu dekat.

“Dalam acara carnival nanti, sepanjang jalan menuju acara akan dipenuhi umbul-umbul daerah wisata Nias. Ini bentuk komitmen dalam mengenalkan Nias ke dunia internasional. Saya juga telah memasukkan Nias menjadi destinasi wisata dalam Vanilla Erene Resort, sebuah perkumpulan pelaku wisata internasional,” ujar Barito.

Barito juga mengatakan, sebelumnya seluruh pemerintah daerah di Kepulauan Nias telah menandatangani kesepakatan kerjasama strategis pembangunan Nias (Nias Stategic Development Partnership) yang berlangsung di Sekretariat APKASI di Jakarta pada akhir November 2014 lalu.

“Saat itu juga dihadiri Wakil Gubernur Sumut, Bapak Tengku Erry dan Ketua APKASI Bapak Isran Noor serta Menteri Hukum dan HAM Pak Yosanna Laly serta seluruh Walikota dan Bupati sekepulauan Nias,” jelas Barito.

Kelanjutan dari kesepakatan tersebut, dalam waktu dekat akan dibangun 2 hotel baru di Nias dan Gunung Sitoli. Selain itu, berdasarkan cetak biru (blue print), pengembangan wisawa di Kepulauan Nias akan dibagi atas beberapa zona yakni zona kota (city zone), zona kondominium (condominium Zone), zona wisata air (water zone), zona agrowisata dan zona ecotourism.

“Saya juga akan berkoordinasi dengan Walikota Victoria, salah satu kota di Seychelles untuk menjalin kerjasama dengan Pemda Nias dengan membentuk siter city.

“Victoria dan Kepulauan Nias memiliki banyak kesamaan. Ini akan berdampak positif dalam mendorong pengembangan wisata di Kepulauan Nias,” ujar Barito opitimis. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *