Wagub Harapkan PHRI Sumut Tingkatkan Layanan Konsumen

MEDAN | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berharap Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut dapat meningkatkan kualitas dan pelayanan bagi pengunjung hotel dan restoran.

Audiensi Pantia Musda PHRIKEPALA BARESKRIMHarapan itu dikemukakan Tengku Erry Nuradi saat menerima audiensi Pantia Musda PHRI Sumut di ruang kerjanya kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, (26/3/2015).

Hadir dalam audiensi itu Ketua Panitia Musda Badan Pengurus Daerah (BPD) PHRI Sumut Jafar Gultom, Sekertaris Panitia Musda PHRI Sumut Prana Hutabarat, Eva Ginting dan Wakil Ketua Muda Denny S Wardana serta panitia lainnya.

Sementara Wagub Sumut didampingi Kepala Biro Perekonomian Sumut Bondaharo dan Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan Sumut Bidar Alamsyah.

Erry meminta, PHRI Sumut menjadi garda terdepan dalam mendorong pertumbuhan industri pariwisata dengan melakukan promosi baik secara local, nasional bahkan hingga mancanegara.

“Banyak media sosial dengan kemampuan lintas batas saat ini. Sosial media ini salah satu media efektif dalam mempromosikan daerah wisata di Sumut. Keberhasilan promosi destinasi wisata di Sumut akan berbanding luruh dengan tingkat kungjungan wisatawan. Semakin banyak wisatawan yang berkunjung, tentu akan meningkatkan pendapatan pengelola hotel, restoran dan masyarakat Sumut,” jelas Erry.

Seiring dengan itu, PHRI juga harus menyiapkan strategi cerdas dalam menyambut era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan diberlakukan akhir Desember 2015 mendatang. Jika tidak, pengusaha hotel dan restoran di Sumut hanya akan mendapatkan sedikit manfaat.

“Salah satunya, PHRI harus menyiapkan SDM berkualitas, mengemas paket wisata dan penginapan yang dengan program tertentu yang dapat merangsang wisatawan datang ke Sumut. Jika tidak, PHRI terancam menjadi penonton dan hanya akan mendapat sedikit manfaat dari era MEA,” sebut Erry.

Era MEA akan mengakibatkan tingkat persaingan semakin tinggi di berbagai bidang, termasuk dalam industri peket wisata. Untuk itu, PHRI harus memiliki program dan terobosan baru untuk merangsang turis datang dengan menggelar berbagai kegiatan menantang dan unik.

“Kenali benar keinginan pasar. Kemudian lakukan inovasi agar kunjungan meningkat. Dengan demikian, usaha hotel dan restoran akan maju,” ujar Erry.

Erry berpesan, Musda PHRI Sumut nantinya harus melahirkan pengurus yang dapat membawa perubahan dalam bidang pengelolaan hotel dan restoran di Sumut.

Sementara Ketua Panitia Musda BPD PHRI Sumut, Jafar Gultom mengatakan, pelaksanaan Musda akan berlangung di Hotel Grand Antares, Jl Sisingamangaraja Medan pada 11 April 2015 mendatang.

“Selain memilih pengurus yang baru, Musda BPD PHRI Sumut nantinya juga akan mengulas strategi dalam meningkatkan pelayanan kepada tamu hotel dan restoran,” jelas Jafar.

Secara gamblang, Jafar juga mengaku standarisasi pelayanan hotel dan restoran di Sumut tergolong rendah dibandingkan dengan sejumlah daerah lain.

“Tenaga kerja dan SDM di hotel dan restoran di Sumut, masih sedikit yang telah mengikuti sertifikasi. Dalam kepengurusan PHRI Sumut nantinya, pengurus baru diharapkan dapat mendorong pengelola hotel dan restoran untuk mengirimkan karyawannya mengikuti sertifikasi,” tambah Jafar. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *