Perguruan Tinggi harus Jeli Kembangkan Fakultas Sesuai Kebutuhan Dunia Kerja

MEDAN | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengimbau perguruan tinggi untuk mengembangkan fakultas dan jurusan yang dapat menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

LP3IKEPALA BARESKRIMImbauan itu dikemukakan Tengku Erry Nuradi dalam acara peresmian Rumah Entrepreneur sekaligus peletakan batu Pertama Pembangunan Kampus Politeknik LP3I Medan di Jl Sei Serayu Medan, Minggu (29/3/2015).

Erry mengatakan, lembaga pendidikan tinggi tumbuh subur di Sumut, namun hanya sebagian kecil yang memokuskan program studi (prodi) dan disiplin ilmu yang menyiapkan sarjana siap kerja sesuai kebutuhan pasar, seperti sarjana yang mumpuni dalam bidang periklanan.

“Bidang periklanan mampu menyerap anggaran sekitar Rp 150 triliun setiap tahun. Khusus untuk televise bahkan mencapai Rp 80 triliun tiap tahunnya. Ini sebagai bukti bahwa bidang periklanan merupakan bidang yang sangat menjanjikan. Tentu sangat dibutuhkan SDM terampil untuk memenuhi kebutuhan pasar periklanan dan pertelevisian,” sebut Erry.

Sebagai perguruan tinggi yang memiliki tanggungjawab dalam melahirkan sarjana siap pakai, LP3I Medan harus jeli melihat peluang tersebut. Tidak hanya sekadar menjalankan peran melahirkan banyak sarjana, tetapi juga mengedepankan kualitas para sarjananya.

“LP3I salah satu perguruan tinggi berkualitas di Sumut. Banyak alumninya yang siap kerja karena memiliki keahlian khusus,” sebut Erry.

Selain bidang periklanan, sektor infrastruktur, maritim, energy dan pangan, juga membutuhkan tenaga terampil yang tidak sedikit di masa mendatang. Keempat sektor ini merupakan program unggulan pemerintah Jokowi-JK hingga 5 tahun kedepan.

“Empat sektor ini juga perlu mendapat perhatian LP3I dalam pengembangan prodi dan disiplin ilmu nantinya,” saran Erry.

Sementara Direktur Politeknik LP3I Medan, Akhwanul Akmal mengatakan, peresmian Rumah Entrepreneur sekaligus peletakan batu Pertama Pembangunan Kampus Politeknik LP3I Medan merupakan rangkaian puncak peringatan HUT LP3I ke 26.

“Rumah Entrepreneur sendiri merupakan wadah mendidik mahasiswa agar mampu menjadi pengusaha tanpa harus kesulitan mencari lapangan pekerjaan,” jelas Akhwanul.

Pembangunan kampus baru, sebut Akhwanul, merupakan keharusan karena kampus sebelumnya yang tersebar di 3 titik yakni kawasan di Jln Gajah Mada, Adam Malik dan jln SM Raja, hanya mampu menampung maksimal 4 ribu mahasiswa.

“Dengan adanya kampus yang lebih komprehensif, LP3I dapat memberikan pelayanan kepada mahasiswa secara maksimal,” harap Akhwanul.

HUT ke 26 LP3I dirangkai dengan kegiatan mulai Olimpiade Sains, debat mhasiswa, perlomba olahraga juga talk show mengulas era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan diberlakukan akhir Desember 2015 mendatang. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *