Amerika Serikat Sebut Binjai Berpeluang Jadi Smart City

BINJAI | Pemerintah Amerika Serikat (AS) menaruh perhatian besar terhadap Kota Binjai yang dinilai berpeluang untuk tumbuh dan berkembang sebagai Smart City (kota pintar), didukung kemampuan kepala daerahnya untuk mengelola segala potensi secara komprehensif, baik lingkungan, ekonomi maupun sosial masyarakat.

smart cityKEPALA BARESKRIMBesarnya perhatian pemerintah AS terhadap Kota Binjai dibuktikan dengan diundangnya Walikota HM Idaham SH MSi untuk menghadiri seminar bertema ‘Smart City Technologies and Network US Businesses’ diadakan oleh Konsulat AS di Medan bersama Pricewaterhouse Coopers (PwC) Indonesia, di PwC Learning Center di Mega Kuningan, Jakarta, (30/3/2015).

Seminar diikuti 16 kepala daerah, yaitu Gubernur dan Walikota di Sumatera. Juga dihadiri Wakil Duta Besar AS Kristen Bauer, Konsul AS untuk Sumatera Y. Robert Ewing, Direktur Departemen Perdagangan AS di Jakarta Rosemary Gallant, Penasehat bagian Sektor Publik dan Smart Cities, PwC Indonesia Malcolm Foo.

Walikota HM Idaham dan peserta lainnya berdiskusi tentang visi, tantangan, prioritas dan kebijakan terkait penerapan Smart City di daerah masing-masing.

Seminar dilanjutkan jamuan makan siang yang diselenggarakan oleh Duta Besar AS Robert Blake, di mana para Gubernur dan Walikota bertemu dengan para pengusaha Amerika yang menawarkan teknologi, produk serta jasa konsultasi Smart City.

Duta Besar AS Robert Blake mengatakan, inovasi Smart City menyediakan teknologi baru yang memungkinkan bagi kita untuk menemukan solusi yang efektif dalam mengatasi berbagai tantangan, seperti lalu lintas, perubahan iklim, tata kelola sampah dan keterbatasan akses ke internet.

“Perubahan ini akan menghasilkan lapangan pekerjaan dengan tingkat upah yang lebih tinggi serta kemampuan untuk mengambil keuntungan dari pasar global,” kata Blake. (man/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *