Polisi Malaysia Tangkap 4 Nelayan Asal Belawan

BELAWAN | Empat nelayan pukat rawe asal Belawan, ditangkap petugas Patroli Agensi Penguat Kuasaan Maritim Malaysia diperairan Selat Malaka.

KEPALA BARESKRIMKeempat nelayan pukat rawe yang ditangkap ini, sedang mencari ikan dilaut dengan menggunakan kapal KM Fatiha GT3 dengan menggunakan alat tangkap pancing rawe.

Empat nelayan asal Belawan ini ditangkap diantaranya Hidayat (27) selaku tekong kapal dan Khaidir Ali (22) nelayan, keduanya penduduk jalan Pajak Baru Kelurahan Belawan Bahagia, Kecamatan Medan Belawan, serta dua nelayan lainnya masing-masing Armansyah (35) dan Suprapto (24) penduduk Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan.

Rachmad (28) yang juga nelayan pukat rawe menjelaskan, (23/3/2015), dengan menggunakan dua sampan mereka sama-sama berangkat dari Belawan, untuk mencari ikan di laut.

Pada (29/3/2015), komunikasi kami terputus dan tidak dapat lagi dihubungi walaupun dengan menggunakan radio, hingga Senin (6/4/2015) pukul 09.00 pagi, baru saya menerima informasi dari Hidayat melalui telepon seluler, bahwa dirinya bersama tiga nelayan lainnya ditangkap polisi Malaysia.

Sementara itu, Zulfahri Siagian, Ketua HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) kota Medan, menyesalkan terjadinya penangkapan empat nelayan pukat rawe oleh polisi Malaysia tersebut.

Dikatakannya, sudah sekian lama tidak ada penangkapan nelayan pukat rawe ini, namun sekarang terjadi lagi penangkapannya.

Menurut Zulfachri, setelah dikonfirmasikan kepada para nelayan pukat rawe lainnya mereka ditangkap di wilayah abu-abu, perbatasan Indonesia dan Malaysia Perairan Selat Malaka.

Ketua HNSI Kota Medan ini mengharapkan kepada pemerintah Malaysia, agar melepas ke empat nelayan pukat rawe asal Belawan yang ditangkap, karena mereka melaut menggunakan kapal 3 GT dan hanya untuk melangsungkan kebutuhan hidup.

Selama ini, nelayan pukat rawe asal Belawan ini, memang selalu menangkap ikan di wilayah area tersebut. (man/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *