Kelulusan Siswa Hasil Putusan Dewan Guru

MEDAN | Pengumuman hasil UN SMA 3 Medan tahun 2015 dijadwalkan, (15/5/2015), di Jalan Budi Kemasyarakatan No 3 Medan.

siswa sman 3 medanKEPALA BARESKRIMDalam pengumuman tersebut siswa/i SMAN 3 Medan, dapat melihat secara langsung nilai yang diperoleh untuk beberapa mata pelajaran yang diujiankan.

Meskipun tahun ini UN tidak lagi sebagai penentu kelulusan, namun tentunya hasil UN SMA 2015 sudah ditentukan oleh dewan guru masing – masing dan tetap menjadi hal yang paling dinantikan oleh siswa/i SMAN 3.

Ketika siswa/i dan orang tua yang datang ke SMAN 3 Medan, melihat hasil pengumuman UN yang dibuat di lapangan sekolah. Siswa/i tersebut langsung bangga melihat kelulusan yang diraih mereka saat UN.

Hasil yang didapat dari SMAN 3, merujuk pada Prosedur Operasional Sekolah (POS) UN yang dirilis pada 13 Maret lalu, kelulusan peserta didik diputuskan oleh unit pendidikan.

Menurut hasil rapat dari dewan guru yang membuat faktor kelulusan menjadi beda dengan tahun – tahun lalu. Semua dewan guru menggelar rapat terkait kelulusan siswa dan tidak murni hanya mengandalkan dari nilai UN, tetapi kelulusan melalui dari dewan guru hanya saja hasil UN yang ditetapkan oleh pemerintah.

Menurut Humas Public Relations, Siti Zulfa, jumlah kelulusan UN SMAN 3 Medan sebanyak 590 siswa. Kelulusan jurusan IPA sebanyak 407 siswa, IPS sebanyak 184 siswa dan 1 orang yang tidak lulus dari jurusan IPS. Standart nilai kelulusan UN mencapai 55,01 dan standart nilai dari kelulusan sekolah mencapai 7,5.

Sambungnya kepada awak media, kelulusan UN dilihat dari keterampilan, kehadiran, kegiatan dan kepintaran. Sementara kelulusan tersebut bukan lagi dari pemerintah, tetapi melainkan dari dewan guru.

“Dewan guru SMAN 3 Medan, melihat kreatif muridnya, setelah itu kami langsung membuat kesepakatan terhadap siswa/i yang berprestasi dan mempunyai kreatif. SMAN 3 pun sering mendapatkan prestasi mulai dari tingkat Provinsi, Kota Medan dan tingkat Mancanegara,” ujarnya.

Awak media langsung menghampiri salah satu siswi SMAN 3, yang masuk melalui jalur SNMPTN. Sebut saja Raisa Putri Agustia (foto) dari Kelas XII IPA2 yang masuk di Universitas Indonesia (UI) melalui SNMPTN.

Putri sangat bangga dengan hasil yang didapatnya yang selama ini. Ia selalu bersyukur kepada Tuhan, karena bisa masuk ke UI. Ia pun tetap ingat kepada kebaikan guru – gurunya yang mau mengajarinya mulai dari Kelas X sampai ia lulus saat ini.

Kerja keras seorang Putri yang selalu belajar dan akhirnya ia bisa mendapat jumlah nilai 49,50 hasil UN. Kesedihan yang ia peroleh berkat dukungan dari orangtuanya dan beserta guru dan amanah yang diberikan Kepala Sekolah kepadanya,” terangnya. (man/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *