Kasdam I/BB dan Walubi Bantu Pengungsi Rohingya

MEDAN | Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somantri beserta Walubi Prov Sumut memberikan bantuan kepada pengungsi Rohingya di Hotel Pelangi International Jalan Letjen Jamn Ginting Km 10,2/12B.

kasdam-walubiKEPALA BARESKRIMKasdam I/BB mengatakan, pemberian ini juga dinilai sebagai pesan kepada Myanmar agar agama jangan jadi permasalahan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penanganan pengungsian Rohingya sudah di rapatkan di kantor Gubernur Sumatera Utara yang dipimpin oleh Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno.

Mereka sudah mengundang UNHCR untuk berkoordinasi soal penyaluran pengungsi ke Negara mana yang dituju. Kodam I/BB siap memfasilitasi dan membantu pengungsi Rohingya. “Jadi intinya nanti bagaimana PBB, dalam hal ini UNHCR. “Kita memfasilitasi dan siap membantu pengungsi ini,” katanya.

Para biksu dan biksuni ini datang bersama sejumlah pengurus Walubi Sumut dan Kepala Staf Kodam I Bukit Barisan Brigjen Cucu Somantri. Saat bertemu pengungsi Rohingya, para biksu dan biksuni memberikan bantuan berupa 2 goni sarung dan sejumlah makanan.

Kunjungan biksu dan biksuni ini memberi arti tersendiri, karena pengungsi muslim Rohingya terpaksa pergi dari Myanmar menyusul kekerasan dipicu kebencian etnis dan agama yang disebarkan biksu antimuslim, Ashin Wirathu.

Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan berbeda dengan pengungsi Rohingya, pencari kerja asal Bangladesh akan dikembalikan ke negaranya. Pemerintah menuntut lembaga PBB itu untuk menangani seluruh pengungsi yang ada di Indonesia. Sebab, saat ini jumlahnya sudah 11.000 orang,

“Ini beban mereka”. Kalau untuk pengungsi Rohingya, aparat tidak mengundang mereka masuk ke dalam, tapi kalau sudah masuk harus ditangani dengan baik bersama IOM dan UNHCR untuk menyelesaikan masalah ini selama 1 tahun.

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua Walubi Prov Sumut, Asintel Kasdam I/BB, Kapendam I/BB, Kabintaldam I/BB, dan Perwakilan Imigrasi Sumut. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *