Besok, Pengumuman Kelulusan US SD/MI se-Indonesia

MEDAN | Besok, Jumat (26/6/2015), pengumuman ujian sekolah/Madrasah (US/M) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat tahun pelajaran 2014/2015 dilaksanakan serentak se-Indonesia.

KEPALA BARESKRIM“Ya, jadwal pengumuman itu dilaksanakan sesuai dengan prosedur operasional standar US/M 2015,” kata Kepala bidang pendidikan dasar dan pendidikan khusus (Kabid Dikdas dan PK) Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Dra Erni Mulatsih MPd kepada Jurnal Asia, Kamis (25/6/2015).

Menurut Erni, dalam POS US/M itu diatur mengenai kriteria kelulusan peserta didik yang dinyatakan lulus apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan masing-masing satuan pendidikan berdasarkan perolehan nilai US/M.

Pada kriteria kelulusan peserta US/M itu, katanya ditetapkan melalui rapat pendidik dengan mencakup nilai minimal setiap mata pelajaran dan nilai rata-rata minimal mata pelajaran US/M.

Dijelaskan Erni, penentuan kelulusan merupakan wewenang sepenuhnya dari satuan pendidikan (sekolah/madrasah) melalui rapat pendidik setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai minimal pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran dan muatan lokal serta lulus US/M.

Kriteria untuk menentukan kelulusan itu, lanjut Erni para peserta didik telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran ditentukan oleh pendidik dengan mempertimbangkan kehadiran peserta didik, kemudian program pembelajaran dari semester 1 kelas I sampai semester 2 kelas VI serta perolehan nilai untuk seluruh mata pelajaran dan muatan lokal yang ditentukan pendidik melalui rapat di tingkat satuan pendidikan.

Pada pelaksanaan US/M untuk jenjang SD/MI, SDLB dan program paket A setara SD di Sumut yang digelar 18 – 20 Mei 2015 diikuti 300.576 peserta
Dari 300.576 peserta di 10.923 penyelenggara US/M tersebut terdiri siswa SD diikuti 282.169 peserta dari 9.276 sekolah, siswa MI sebanyak 17.745 di 675 sekolah, siswa SDLB 193 dari 30 sekolah dan 469 peserta program paket A dari 44 penyelenggara.

Ujian sekolah SD/MI dan sederajat itu mengujikan tiga mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Erni menjelaskan, pada pelaksanaan US/M itu pemindaian lembar jawaban ujian kabupaten dan kota dilakukan 18-30 Mei, sedangkankan penskoran di provinsi selesai 15 Juni lalu dan pengiriman hasil penilaian ke satuan pendidikan melalui kabupaten dan kota ke provinsi 22 Juni kemarin dan hasilnya diumumkan pada 26 Juni 2015. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *