Negara Sahabat Akui Sumut Beri Kontribusi Majukan Indonesia

MEDAN | Sejumlah perwakilan negara sahabat menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan masyarakat Sumatera Utara (Sumut) cukup memberikan kontribusi dalam mendorong kemajuan Indonesia sebagai negara kesatuan.

Resepsi HUT RIKEPALA BARESKRIMPengakuan tersebut disampaikan Konsulat Jenderal (Konjen) India di Medan, Basir Ahmed, dalam sambutannya pada acara Resepsi Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun RI ke-70 tahun 2015 Pemprov Sumut yang berlangsung di rumah dinas Gubernur Sumut, Jl Sudirman Medan,(17/8/2015).

Hadir dalam acara itu Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut Ir H Tengku Erry Nuradi MSi beserta istri Hj Evi Diana Erry, Ketua TP PKK Sumut Hj Sutias Handayani, Pangkostrad yang juga menjabat Pangdam I/BB Mayjen TNI Edi Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumut H Hasban Ritonga, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumut M Yusni, Ketua Pengadilan Tinggi, Pangkosek Hanundnas III, Dan Lantamal I Belawan serta Dan Lanud.

Turut terlihat hadir para perwakilan negara sahabat diantaranya Konjen India Basir Ahmed, Konsul Jenderal Jepang di Medan Hirofumi Morikawa, Konsul Singapura Mark Low, Wakil Konsul Amerika Serikat Tamra H Greig, Wakil Konsul Malaysia Abd Latiff Samad, Konsul kehormatan Kerajaan Belanda Ony Hindra Kusuma dan Konsul Kehormatan German Dipl Ing Liliek Darmadi MM.

Konjen India Basir Ahmed mengatakan, Indonesia dinilai tangguh dalam melewati tantangan dan rintangan kurun waktu 70 tahun setelah merdeka. Itu terbukti dengan kian besarnya peran Indonesia di kancah internasional.

“Peranan Indonesia di dunia jauh meningkat. Berbagai tantangan global, masalah internasional memerlukan peranan Indonesia,” sebut Ahmed.

Ahmed juga mengatakan, kemajuan Indonesia di masa kini tidak terlepas dari peran semua daerah, termasuk Sumut, terutama terkait kondusifitas keamanan dan kerukunan umat beragama ditengah kemajemukan suku, keyakinan, adat istiadat dan ras.

“Kita melihat Pemilu di Suut tanpa hambatan berarti. Ini membuktikan dan menunjukkan kematangan masyarakat Sumut dalam berdemokrasi,” tambah Ahmed.

Ahmed juga menyatakan sejumlah negara sahabat merasa bangga memiliki hubungan diplomatik yang harmonis dengan Pemprov Sumut dalam berbagai bidang. Demikian juga budaya saling harga menghargai yang terbentuk di tengah masyarakat Sumut, juga layak mendapatkan apresiasi.

“Kami dari korp diplomatik berharap adanya kelanjutan hubungan baik dan kerjasama di berbagai bidang. Selain itu, terwujudnya saling memahami dan menghargai antara negara. Kami ucapkan selamat Dirgahayu Republik Indonesia,” harap Ahmed.

Sementara Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menyatakan rasa terima kasih atas dukungan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Pemerintah Kota (Pemko) dan seluruh pihak, termasuk negara sahabat atas partisipasinya dalam mendorong laju pembangunan di Sumut.

“Apapun yang telah dicapai saat ini, itu tidak terlepas dari dukungan semua pihak, termasuk para perwakilan negara sahabat,” sebut Erry.

Kendati begitu, Erry tidak lupa mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat akan ancaman dalam mengisi kemerdekaan diantaranya distegrasi, radikalisme, terorisme, korupsi dan penyalahgunaan narkoba.

“Ancaman ini dapat menurunkan rasa nasionalisme generasi muda. Mari kita tangkal dengan menanamkan nilai Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, menjaga keutuhan NKRI dan bhineka Tunggal Ika,” ajak Erry.

Melalui tema Ayo Kerja kiranya mengingatkan kita , lanjutkan pembangunan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat dan meningkatkan kerjasama dengan seluruh bangsa.

Erry terus menggaungkan kesiapan masyarakat Sumut dan negara sahabat dalam menyambut era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang efektif diberlakukan akhir Desember 2015 mendatang.

“Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang efektif berlaku 31 Desember diharapkan dapat menjadi tonggak kemakmuran bersama negara-negara ASEAN. Masyarakat Sumut juga kita harapkan terus membekali diri dengan berbagai keahlian agar mampu bersaing secara sehat dengan Negara sahabat. Inilah kita akan membuktikan bahwa Sumut mampu menjadi daerah yang maju dan berdaya saing,” pesan Erry.

Pada acara resepsi kenegaraan Pemprov Sumut memperingati HUT RI ke 70 tersebut juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi yang diberikan kepada Konjen India Basir Ahmed. Kemudian acara dilanjutkan dengan makan malam bersama diiringi tarian etnis sumut, musik tradisional dan hiburan paduan suara Consolatio dari mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU). (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *