Bah!!! 4 PTN di Sumut Punya 10 Prodi Kadaluarsa

MEDAN | Tidak hanya ratusan program studi (prodi) perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumatera Utara yang akreditasi kadaluarsa. Ternyata empat perguruan tingggi negeri (PTN) di daerah ini juga mengalami hal yang sama.

KEPALA BARESKRIMDari keempat PTN itu yakni Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut dan Akademi Pariwisata (Akpar) Medan terdapat 10 prodi dengan akreditasi kadaluarsa atau sedang masa pengurusan baru.

Berdasarkan situs dari pangkalan data perguruan tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tertanggal 23 September 2015, dari 10 prodi kadaluarsa tersebut didominasi USU yakni agroteknologi, ilmu biomedik (fakultas pertanian), kimia analisis (FMIPA) dan manajemen serta akuntansi (dari fakultas ekonomi) serta ilmu kedokteran (fakultas kedokteran).

Untuk UIN Sumut terdapat dua prodi kedaluarsa yaitu Kependidikan Islam dan Ekonomi Islam. Sedangkan Akademi Pariwisata (Akpar) Medan hanya terdapat satu prodi kadaluarsa yakni manajemen usaha perjalanan wisata. Demikian juga dengan Unimed terdapat satu prodi kedaluarsa yaitu administrasi pendidikan.

Kepala Bagian Humas USU, Bisru Hafi ketika dikonfirmasi menyebutkan, enam dari 42 prodi di USU yang berstatus kadaluarsa tersebut, saat ini sedang dalam diproses perpanjangan akreditasi.

Menurut Bisru, pihak fakultas masing-masing sudah mengajukan borang ke badan akreditasi nasional perguruan tnggi (BAN PT). “Status prodi tersebut sedang reakreditasi oleh BAN PT. Kami akan cek kembali prosesnya,” kata Bisru.

Beda halnya dengan Kabag Humas Unimed, M Surip. Dia menyebutkan tidak mengetahui tentang adanya akreditasi prodi yang kadaluarsa. Untuk itu dia akan mempertanyakan kepada bagian akademik atau wakil rektor I.

Sementara itu, Kabag Humas UIN Yosep Sitepu mengaku juga tidak mengetahui ada dua prodi yang akreditasinya kedaluarsa di universitas ini yang dulunya berstatus Institut Agama Islam Negeri.

Menurutnya, informasi tersebut akan disampaikannya kepada kedua fakultas yang prodi akreditasinya kadaluarsa untuk selanjutnya segera mengajukan borang supaya diperpanjang atau reakreditasi.

Selain status tentang akreditasi PTN, situs dikti tersebut juga memperlihatkan status akreditasi PTS di Sumut yang terdapat ratusan prodi kadaluarsa. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *