Kloter Pertama Jamaah Haji Asal Sumut Tiba Dengan Selamat

MEDAN | Sebanyak 382 jamaah haji asal Sumatera Utara (Sumut) tiba dengan selamat di Bandara Kualanamu International Airport (KNIA), Selasa (29/9/2015), sekitar pukul 06.57 WIB.

Jamaah Haji SumutKEPALA BARESKRIMKedatangan jamaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) I Embarkasi Medan ini disambut dengan suka cita di Asrama Haji Pangkalan Masyhur Jl AH Nasution Medan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut Ir H Tengku Erry Nuradi MSi didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumut Tohar Bayo Angin dan sejumlah petugas haji lainnya.

“Alhamdulillah, jamaah haji Sumut telah pulang dengan selamat di tanah air. Semoga menjadi haji yang mabrur,” sebut Erry sambil menyamai satu persatu jamaah haji yang turun dari dalam bus.

Erry juga berdialog dengan sejumlah jamaah haji terkait tragedi jatuhnya crane dan tragedy Mina.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara turut berduka cita atas tragedi crane dan Mina. Semoga peristiwa serupa tidak terulang di masa mendatang. Bagi keluarga para korban, semoga tabah menerima cobaan,” sebut Erry.

Erry juga mengatakan, berdasarkan data yang diterima, jamaah asal Sumut yang wafat di Arab Saudi tercatat 10 orang, 7 jamaah diantaranya wafat akibat sakit dan 3 lainnya menjadi korban tragedi crane.

“Alhamdulillah, untuk sementara ini, kita belum mendapat khabar ada jamaah haji asal Sumut yang menjadi korban tragedi Mina. Tetapi kita terus berusaha mendapatkan informasi valid dari petugas haji di Arab Saudi,” jelas Erry.

Erry berpesan kepada jamaah haji yang telah tiba, untuk menperhatikan kesehatan, setelah menjalankan ibadah di tanah suci.

“Saya himbau jamaah haji yang sudah tiba, untuk memperbanyak istirahat dalam beberapa hari ini. Cuaca di tanah suci dengan Sumut sangat berbeda. Tubuh butuh beradaptasi,” pesan Erry.

Sementara Staff Humas Petugas Pelaksana Haji (PPH) Embarkasi Medan, Imam Mukhair menyatakan, jamaah haji kloter I berasal dari Medan dan Kabupaten Labuhanbatu.

“Jumlah jamaah haji yang terdaftar di Kloter I sebanyak 378 orang. Tetapi mengalami penambahan 4 orang saat pemulangan menjadi 382 orang. Penambahan 4 orang ini dari Kloter 1 yang gagal berangkat akibat terkendala. Kemudian diberangkatkan di Kloter 2,” jelas Imam.

Imam juga mengatakan, jamaah haji Kloter 2 Embarkasi Medan akan tiba di KNIA pada Rabu (30/9/2015) sekitar pukul 08.25 WIB.

“Kloter 2 ini dari Padang Lawas Utara dan Medan. Semoga selamat dan tidak mengalami kendala dalam proses pemulangan,” harap Imam. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *