Pengajar UMSU Dilatih Penulisan Artikel Ilmiah

MEDAN | Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menggelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional.

KEPALA BARESKRIMPelatihan itu dihadiri seluruh perguruan tinggi di Sumatera pada 1 – 3 Oktober lalu, di Hotel Madani Jalan SM Raja Medan.

“Peserta yang diutus dari berbagai Perguruan Tinggi di Sumatera itu merupakan orang yang terpilih setelah sebelumnya melalui seleksi internal di kampus masing-masing yang telah lulus seleksi dan berhak mengikuti pelatihan tersebut,” kata Rektor UMSU Dr Agussani melalui Ketua Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiyah Nasional, Dr Muhyarsyah, kemarin.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari itu diikuti oleh 60 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Sumatera.

“Ada 60 orang peserta dari berbagai PTN dan PTS di Sumatera yang yang menjadi utusan dari kampusnya masing-masing,” ujar Muhyar.

Muhyarsyah menyebutkan, dalam pelatihan ini UMSU mengutus 10 orang staf pengajarnya yang telah lulus seleksi diantaranya adalah Dr Said Siregar, Syafrida Hani, Dr Tengku Erwin, Syahbana, Dr Fachrizal Zulkarnain, Julita Msi, Dr Rahmanita Ginting, Habsah Msi dan beberapa nama lainnya.

Menurut Muhyarsyah yang juga wakil Rektor I UMSU ini, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam hal penulisan karya ilmiah. Selain itu, delapan orang perwakilan dari Kemenristek Dikti menjadi pemateri dalam acara tersebut.

Pada kesempatan sebelumnya Kemenristek Dikti melalui Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual juga menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (LPPM-UMSU) dalam aktivitas Pelatihan Nasional Pemanfaatan Hasil Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat yang Berpotensi (Paten).

Pelatihan Paten bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kekayaan intelektual, dan menumbuhkembangkan kreativitas serta inovasi para dosen perguruan tinggi. Secara khusus pelatihan tersebut bertujuan membangun pemahaman dan kemampuan peneliti maupun institusi agar dapat menghasilkan penelitian yang berpotensi paten serta meningkatkan kemampuan praktisi dalam membuat dokumen spesifikasi paten (deskripsi paten). (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *